Sukses

Hasil Rapid Test, Balita di Kendari Dinyatakan Positif Corona Covid-19

Saat ini balita yang positif corona covid-19 tersebut sedang diisolasi mandiri di rumah bersama keluarganya.

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan hasil tes cepat (rapid test) yang dilakukan oleh Tim Surveilans dan Tim Sampling Rapid Test dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), seorang balita asal Kota Kendari, dinyatakan positif corona COVID-19.

Informasi tersebut dibenarkan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Wabah COVID-19 Sultra, dr La Ode Rabiul Awal pada Ahad (5/4) malam.

"Iya, betul. Hanya umur pastinya saya tidak tahu persis. Balita pokoknya," katanya, tanpa merinci lebih lanjut, seperti dikutip dari Antara, Minggu (5/4/2020).

Rabiul menjelaskan, sesuai protap yang ada, usai diketahui hasil tes cepat bahwa positif COVID-19, maka dilakukan pengambilan sampel usapan tenggorok (swab) untuk selanjutnya dikirim ke Laboratarium Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Positif berdasarkan tes cepat dan tidak bisa jadi diagnosa penentu. Penentunya nanti adalah hasil swab Real Time PCR. Spesimennya sudah kami kirim, tinggal tunggu hasilnya," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diisolasi

Rabiul mengungkapkan, bahwa saat ini balita tersebut sedang diisolasi mandiri di rumah bersama keluarganya. Selain itu, ia menjelaskan bahwa anak tersebut merupakan keluarga dekat dari dua pasien positif asal Kota Kendari sebelumnya yang diumumkan pada Jumat (3/4) lalu.

"Masih keluarga dekat dengan dua pasien positif COVID-19 sebelumnya. Dari 62 orang yang dites cepat, 61 hasilnya negatif, dan 1 orang balita itu positif. Tapi tidak tahu jelas, apakah statusnya dia anak kandung atau kemenakan, saya belum tahu," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.