Sukses

Viral 5 Wilayah di Jakarta Pusat Penyebaran Corona, Pemprov DKI: Itu Hoaks

Catur meminta masyarakat tidak mudah percaya terhadap info-info terkait penyebaran Virus Corona yang tidak jelas sumbernya.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengklarifikasi pesan berantai di WhatsApp mengenai adanya  potensi penyebaran virus Corona, Covid-19 di lima lokasi di Jakarta. Ketua Tim Tanggap Covid-19 Pemprov DKI, Catur Laswanto memastikan pesan tersebut hoaks, alias bohong belaka.

Dalam pesan berantai itu disebutkan bahwa 5 wilayah Jakarta yang berpotensi menjadi sumber penyebaran corona, yaitu Setia Budi, Pancoran, Mampang, Penjaringan, dan Kembangan. 

"Mohon merujuk info yang diterbitkan Pemprov karena ada beberapa mungkin sudah dengar di WhatsApp yang banyak sekali info-info yang ini adalah hoaks, jadi mohon apalagi yang berhubungan dengan Pemprov DKI Jakarta dikonfirmasikan ke Pemprov," ujar dia di balai Kota DKI Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Dia pun meminta agar masyarakat tidak mudah percaya terhadap info-info terkait penyebaran Virus Corona yang tidak jelas sumbernya. Catur menegaskan, pihaknya telah merilis situs mengenai penanggulangan Covid-19, yaitu corona.jakarta.go.id.

Dia meminta masyarakat yang ingin mengetahui informasi penyebaran corona, dapat memantau situs tersebut.  

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Klarifikasi soal Penyebaran Corona di KRL

Sementara itu, Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Kependudukan dan Pemukiman Suharti kemudian menimpali atas pesan berantai WhatsApp yang merinci titik-titik KRL rute Jakarta-Depok.

Suharti menjelaskan adanya perhatian khusus untuk KRL rute Jakarta-Depok sebagai bentuk mitigasi yang tepat dari hasil pemetaan potensi sebaran virus.

"Terkait jalur kereta, bukan sebaran virus. Itu pemetaan jalur transportasi umum yang kami overlay data-data potensi sebaran untuk mitigasi lebih lanjut," ucap Suharti.

"Jadi bukan sebaran Corona di KRL rute Depok-Jakarta," sambungnya.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.