Sukses

Survei: Persepsi Publik Dukung Nurmansjah Jadi Wagub DKI

Nurmansjah Lubis unggul dengan angka 55,4 persen dan Riza 16,5 persen dalam survei tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Gubernur DKI usulan PKS, Nurmansjah Lubis mengungguli Ahmad Riza Patria berdasarkan survei persepsi publik Lembaga Kajian Strategis dan Pembangunan (LKSP). Lembaga survei ini mempertanyakan kecenderungan publik memilih salah satu calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Dengan pertanyaan terbuka, Nurmansjah Lubis unggul dengan angka 55,4 persen dan Riza 16,5 persen dalam survei tersebut.

"Nurmansjah 55,4 persen, Bang Riza di 16,5 persen," ungkap peneliti LKSP Hafidz Muftisany dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (22/2/2020).

Lebih lanjut, Hafidz memaparkan parameter publik mempersepsikan calon wagub. Sebanyak 41 persen ingin wagub karena integritas, 38 persen karena kemampuan memimpin, 14 persen kecocokan dengan Gubernur Anies Baswedan, dan 7 persen soal kedekatan warga. Dia sebut semuanya diungguli Nurmansjah.

"Ya Nurmansjah unggul semua," ucapnya.

Hafidz menuturkan, tingkat pengetahuan publik terhadap proses pemilihan wagub ini hanya 61 persen. Dari sana, banyak pula yang belum tahu siapa calon karena banyak memunculkan nama seperti Sandiaga Uno, Tri Rismaharini, sampai Agus Harimurti Yudhoyono.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Metode Survei

Survei mengambil 400 responden warga DKI Jakarta dari seluruh kota dan kabupaten Kepulauan Seribu. Survei diambil dengan metode probability sampling dengan margin of error 4,9-5 persen. Survei yang dilakukan 9-16 Februari 2020, ini mengambil persepsi masyarakat.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.