Sukses

Kubu Zulkifli Hasan: Posisi Amien Rais di PAN Tidak Tergantikan

Yandri tidak bisa memastikan apakah Amien Rais akan masuk dalam kepengurusan PAN periode 2020-2025.

Liputan6.com, Jakarta - Tim pemenangan Zulkifli Hasan, Yandri Susanto menegaskan bahwa posisi Amien Rais di PAN tidak bakal tergantikan. Hal ini menanggapi pertanyaan seputar posisi Amien setelah Kongres V PAN di Kendari.

"Posisi Pak Amien di PAN tidak tergantikan. Dia adalah pendiri, dia adalah tokoh, dia adalah orang tua kita. Dia adalah orang hebat yang harus kami hormati kapanpun dimanapun," kata dia, di Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Meskipun demikian, dia tidak bisa memastikan apakah Amien Rais akan masuk dalam kepengurusan PAN periode 2020-2025. Pada periode 2015-2020, Amien Rais menjabat Ketua Dewan Kehormatan.

"Apakah beliau masih di struktural atau tidak, saya tidak bisa jawab," ungkapnya.

Sebab, wewenang untuk menentukan posisi dalam kepengurusan PAN yang baru sepenuhnya berada di tangan Ketua Umum PAN terpilih, Zulkifli Hasan.

"Yang bisa jawab itu Bang Zul (Zulkifli Hasan). Apakah beliau tetap ketua Dewan Kehormatan atau tidak, saya tidak bisa jawab, itu Bang Zul. Tetapi, bagi keluarga besar PAN, kami pastikan bahwa Pak Amien adalah panutan kami. Pak Amien adalah pendiri partai ini," tegas Yandri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kewenangan Zulkifli Hasan

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) ini pun enggan mengomentari bursa posisi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN. Posisi orang nomor dua partai tersebut pun merupakan wewenang Zulhas.

"Tidak perlu juga ngoyo-ngoyo mempengaruhi Bang Zul. Karen Bang Zul pasti paham siapa yang pas untuk memenuhi posisi Sekjen selama 5 tahun yang akan datang. Jadi, kita percayakan betul pada Bang Zul untuk memilih siapa Sekjennya," terangnya.

Dia pun mengakui ada sejumlah nama yang beredar di publik. Munculnya nama-nama tersebut, lanjut Yandri, merupakan bukti bahwa PAN tak kekurangan sosok kader mumpuni.

"Ada saya, ada Eddy Soeparno, ada Nasrullah, ada Asman Abnur, ada Tjatur, ada mas Eko, atau nama2 lain. Itu menunjukkan bahwa kader-kader PAN tidak kekurangan stok untuk di kursi orang nomor 2. Siapa orangnya? Sebaiknya kita tunggu keputusan dari Bang Zul," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.