Sukses

Anies dan Anak Buah Saling Lempar soal Pohon Ditebang di Monas

Anies tidak menjawab saat ditanya di mana wujud pohon-pohon yang ditebang dari sisi selatan Monas.

Liputan6.com, Jakarta - Saling lempar pernyataan terjadi antara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan anak buahnya terkait keberadaan pohon-pohon yang ditebang di sisi selatan kawasan Monumen Nasional (Monas) akibat proyek revitalisasi.

Anies yang dikonfirmasi soal wujud dan keberadaan pohon-pohon yang ditebang di Monas malah melemparkan pertanyaan wartawan ke dua anak buahnya, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati dan Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas Isa Sanuri.

"Bu ini aja yang menjelaskan kehutanan. Kehutanan sama UPT (UPK Monas) saja," ucap Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Di tempat yang sama, Suzi menegaskan bahwa tidak ada lagi kaitan pohon di Monas yang ditebang dengan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

Begitu juga soal penanaman kembali pohon-pohon di kawasan Monas. Menurutnya, kewenangan penanaman pohon ada pada Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) DKI Jakarta.

"Monas di bawah Dinas Pariwisata. Tidak ada lagi campur tangan Dinas Pertamanan sejak tahun 2015. Jadi saya secara aturan hanya mengeluarkan rekomendasi saja. Karena kan yang mengelola itu UPT Monas dan kontraktornya," kata Suzi sembari berlalu.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengelola Monas Tak Tahu

Sementara Kepala UPK Monas Isa Sanuri mengaku tidak tahu menahu sejak proses awal hingga di mana lokasi pohon-pohon yang ditebang itu kini berada. Menurutnya, itu merupakan ranah Dinas Citata.

"Saya enggak tahu mbak, kan pelaksana kegiatan dari Citata," kata Isa saat dikonfirmasi merdeka.com.

Sedangkan Kadis Citata DKI Jakarta Hermawanto hingga berita ini ditulis belum bisa dikonfirmasi mengenai keberadaan pohon yang ditebang akibat proyek revitalisasi Monas.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.