Sukses

Top 3 News: Sosok Mencurigakan yang Tertangkap Kamera Sebelum Akseyna Tewas

Top 3 news, ayah Akseyna melaporkan sebelum putranya tewas, ada pengunjung Danau Kenanga UI yang melihat aktivitas mencurigakan sejumlah orang pada 24 Maret 2015.

Liputan6.com, Jakarta Top 3 news hari ini, dugaan pembunuhan terhadap Akseyna, mahasiswa Universitas Indonesia (UI)  Jurusan Biologi, FMIPA UI, angkatan 2013, mulai menemui titik terang. 

Kepada polisi, ayah Akseyna melaporkan sebelum putranya tewas, ada pengunjung Danau Kenanga UI yang melihat aktivitas mencurigakan sejumlah orang pada 24 Maret 2015.

Kolonel Sus Mardoto berharap foto-foto tersebut bisa membantu kerja polisi dalam mengungkap kasus dugaan pembunuhan Akseyna yang hampir genap 5 tahun, Maret 2020 nanti. 

Sementara itu, akibat banjir kini ribuan warga Tangerang diungsikan ke tempat-tempat penampungan Sementara. Selain hujan deras, banjir juga disebabkan oleh Kali Ciledug yang meluap. 

Ketinggian banjir dilaporkan mecapai 2,5 meter saat Kali Ciledug tak lagi mampu menahan derasnya air hingga menyapu rumah warga disekitarnya. Agar tak ada korban jiwa, pihak Pemkot memutus sementara aliran listrik di lokasi-lokasi yang saat ini sedang tergenang banjir. 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Selasa, 4  Januari 2020:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Orang Mencurigakan Tertangkap Kamera Sebelum Akseyna Ditemukan Tewas, Siapa Dia?

Sebuah jepretan kamera pengunjung memperlihatkan orang-orang mencurigakan di Danau Kenanga, Univesitas Indonesia (UI), pada 24 Maret 2015. Foto itu diambil dua hari sebelum mahasiswa UI Akseyna Ahad Dori ditemukan tewas di danau tersebut.

Akseyna merupakan mahasiswa S1 Jurusan Biologi, FMIPA UI, angkatan 2013 yang kematiannya masih misteri hingga kini. 

Menurut ayah korban, Kolonel Sus Mardoto, ada seseorang menghubunginya dan mengaku memiliki foto suasana di Danau Kenanga UI sesaat sebelum Akseyna ditemukan tewas. Foto tersebut diharapkan bisa membantu proses penyidikan kepolisian.

"Saya tidak bisa menyatakan terkait atau tidak terkait, tapi foto ini saya pandang perlu saya cermati. Foto tanggal 24 Maret 2015 di sekitar danau UI," kata Mardoto saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (4/2/2020).

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Banjir hingga 2,5 Meter, Ribuan Warga Tangerang Diungsikan

Ribuan warga di kawasan Kecamatan Periuk, Kota Tangerang diungsikan ke puluhan titik tempat pengungsian lantaran  ketinggian air banjir mencapai 2,5 meter.

Petugas gabungan dari BPBD, Tim Tagana, Satpol PP, sejak Senin malam, 3 Februari 2020 melakukan evakuasi gencar-gencaran, dan menyisir tiap rumah warga yang terendam 150 hingga 250 cm, akibat luapan Kali Ledug.

Sementara itu, ketinggian air yang menggenangi Perumahan Periuk Damai mencapai 250 cm. Dampaknya, sebanyak 1.116 jiwa mengungsi di Masjid Al Jihad yang juga berada di perumahan tersebut. Warga juga ada yang mengungsi di gor RW yang berdekatan dengan masjid tersebut.

Stasiun Geofisika Tangerang memperkirakan, cuaca Kota Tangerang seminggu ke depan berpotensi hujan sedang hingga lebat. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Stasiun Geofisika Tangerang, Suwardi, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (3/2/2020).

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Disebut Tak Dapat Akses di KPK, Firli: Rosa Sudah Diberhentikan Jadi Penyidik

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Firli Bahuri memastikan bahwa penyidik yang bernama Rosa sudah bukan lagi berdinas di lembaga antirasuah. Rosa dipastikan sudah dikembalikan ke institusi asalnya, yakni Polri.

Firli mengatakan, hal tersebut sekaligus menanggapi kabar soal Rosa yang sudah tak mendapat akses masuk ke Gedung KPK. Menurut Firli, pengembalian seorang penyidik ke lembaga asalnya adalah hal yang wajar.

Namun menurut Firli, keputusan soal pemulangan Rosa sudah disepakati oleh semua pimpinan KPK. Firli mengatakan, keputusan tersebut tak bisa dibatalkan meski Polri belum menerima pengembalian Rosa.

Sebelumnya, sempat beredar isu Rosa tak mendapat akses masuk ke dalam Gedung KPK. Padahal, masa tugas Rosa usai pada September 2020 mendatang.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.