Sukses

Menlu: 245 WNI dan 5 Tim Pendahulu Dijemput dari Wuhan

Menlu mengatakan, semua WNI yang dijemput dalam keadaan sehat dan sudah melewati masa screaning dan clearing terlebih dulu di Wuhan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melepas 42 relawan atau tim evakuasi untuk menjemput ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

"Untuk hari ini, melepas tim penjemput saudara-saudara kita yang alhamdulillah semua dalam kondisi sehat, untuk bisa keluar dari Wuhan dan tempat lain di Provinsi Hubei," kata Menlu Retno di ruang VIP Terminal 1, Bandara Internasional Soekarno Hatta, Sabtu (1/2/2020). 

Dia mengatakan, semua WNI yang dijemput dalam keadaan sehat dan sudah melewati masa screaning dan clearing terlebih dulu di Wuhan.

"Total ada 245 WNI yang dijemput, ditambah dengan 5 tim pendahulu yang sudah berada di Wuhan," kata Retno.

Pelepasan tim evakuasi pun dilakukan dengan cara pemasangan ban bendera merah putih di masing-masing lengan relawan, kemudian Menlu, Panglima TNI serta Menkes, mengantar langsung para relawan ke pesawat Batik Air dengan menumpang Airbus 330.

"Kami berpesan, untuk yang berangkat tetap semangat. Kita harus sehat, pulang juga sehat. Semoga kita terus diberkahi," ujar Retno.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

42 Orang Penjemput

Total tim evakuasi yang berangkat adalah 42 orang. Terdiri dari petugas dari TNI, Kemenlu, Kemenkes, dan kru maskapai Lion Group.

Tim pun dilengkapi dengan berbagai perlengkapan pelindung diri, termasuk masker dan baju ala astronot untuk menjemput.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.