Sukses

PMI Dukung Pemerintah Pulangkan WNI dari Wuhan

Sudirman Said menyebut, mengevakuasi ratusan manusia dari wilayah yang jauh bukanlah hal yang mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) mendukung upaya penuh pemerintah untuk memulangkan warga Indonesia dari Wuhan, China tempat wabah Virus Corona berasal.

"PMI menghargai dan mendukung setiap upaya menyelamatkan jiwa manusia. Usaha keras pemerintah membawa pulang warga Indonesia dengan selamat, patut kita hargai," kata Sekjen Palang Merah Indonesia (PMI), Sudirman Said saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (31/1/2020).

Dia percaya, pemerintah sudah mempertimbangkan langkah evakuasi WNI di Wuhan dengan matang. Baik itu teknis pemulangannya hingga fase karantina.

"Tapi secara prinsip harus menjamin keselamatan warga negara yang dipulangkan, dengan meminimalkan risiko penyebaran virus ke wilayah lain," pinta dia.

Sudirman menyebut, mengevakuasi ratusan manusia dari wilayah yang jauh bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi wilayah yang dimaksud rentan akan wabah virus yang penularannya lewat udara.

"Mengevakuasi ratusan warga dari negeri yang jauh, bukan perkara mudah. Ini adalah operasi kemanusiaan multi aspek dan multi sektor. Kerja keras pemerintah patut dihargai," tandasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Edukasi Publik

Sebelumnya, Sekjen Palang Merah Indonesia (PMI), Sudirman Said menegaskan bahwa bila wabah ini masuk ke Indonesia, pihaknya akan bersinergi dengan seluruh instrumen agar sebarannya bisa dikendalikan.

"PMI akan membantu pemerintah untuk memperluas kampanye dan edukasi publik atas risiko penyebaran. Bersama-sama masyarakat menjaga agar sebaran dapat dikendalikan," kata Sudirman.

Dia menyebutkan, pihaknya juga pastinya akan senantiasa berkoordinasi dengan pemerintah. Tak terkecuali juga menyiagakan para relawan guna membantu penanggulangan bencana biologis tersebut.

"PMI memberikan dukungan pada pemerintah dengan mengerahkan sumber daya yang dimiliki," papar dia.

"PMI (juga) akan gunakan seluruh akses yang dimiliki baik para ahli, rumah sakit, posko, dan fasilitas pelayanan yang ada," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.