Sukses

DPRD Sebut Tata Tertib Pemilihan Cawagub DKI Disahkan Minggu Depan

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik mengatakan, dewan segera memproses pemilihan Calon Wakil Gubernur atau Cawagub DKI. Ada dua nama baru yang diserahkan ke DPRD DKI sebagai pengganti Sandiaga Uno.

Kedua nama Cawagub DKI itu yakni Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra dan Nurmansjah Lubis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Dia menyebut, rapat pimpinan gabungan (rapimgab) dilaksanakan pada 27 Februari 2020 dan dilanjutkan dengan rapat lainnya.

"Ada rapimgab ada beberapa perubahan penyesuaian dengan apa yang disampaikan Mendagri," kata Taufik saat dihubungi, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Dia menjelaskan, draf tata tertib sudah dibahas oleh anggota dewan di periode sebelumnya. Bila telah disepakati, draf tata tertib tersebut akan disahkan dalam rapat paripurna.

"Tanggal 29 paripurna pengesahan tata tertib. Kemudian setelah itu baru pembentukan panitia pemilih (panlih)," ucap Taufik.

Setelah itu, panitia pemilihan akan memverifikasi syarat dari kedua cawagub yang telah diajukan dan dilanjutkan dengan mempersiapkan sejumlah teknis pemilihan.

"Habis panlih baru badan musyawarah (banmus) menjdwalkan paripurna pemilihan," tutur Taufik.

 

2 dari 3 halaman

Tak Lagi Hanya dari PKS

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku pihaknya telah menyerahkan surat usulan dua nama Cawagub ke DPRD DKI Jakarta.

Dua nama tersebut yakni Ahmad Riza Patria perwakilan dari Partai Gerindra dan Nurmansjah Lubis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Surat dari partai pengusung sudah kami terima kemarin. Lalu kemarin sore juga, surat dari gubernur DKI Jakarta kepada DPRD sudah diantarkan," kata Anies di Stasiun MRT ASEAN, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengharapkan, kedua nama baru tersebut dapat segera diproses oleh DPRD DKI.

"Kami berharap dalam waktu yang tidak lama lagi dewan akan membahas (nama Cawagub DKI)," ujar Anies.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading