Sukses

Update Banjir Jabodetabek, Pengungsi Terbanyak ada di Kota Bekasi

Dari data tersebut tercatat bahwa jumlah pengungsi terbanyak berada di Kota Bekasi

Liputan6.com, Jakarta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi menghimpun rincian jumlah warga yang terdampak banjir di Kota Bekasi.

Berdasarkan rekap data BPBD Kota Bekasi per Jumat (3/1/2020) pukul 11.00 WIB terdapat 149.537 jiwa pengungsi yang terdampak banjir Jabodetabek di Kota Bekasi. Sehingga tercatat bahwa jumlah pengungsi terbanyak berada di Kota Bekasi.

Dari data tersebut, sebanyak 31.783 jiwa mengungsi akibat banjir terdiri dari lanjut usia (lansia), dewasa sebanyak 68.038 jiwa, dan 49.716 jiwa lainnya merupakan anak-anak.

Selain itu, berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), titik banjir terbanyak berada di Provinsi Jawa Barat dengan total ada 97 titik banjir.

Dengan rincian Kabupaten Bekasi ada 27 titik banjir, Kabupaten Bogor ada 12 titik banjir dan setidaknya ada 58 titik banjir di Kota Bekasi.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Kota Bekasi menjadi wilayah yang paling terdampak banjir diikuti Jakarta Selatan, Kabupaten Bekasi, dan Jakarta Timur.

Sementara itu, kebutuhan mendesak yang diperlukan oleh korban banjir saat ini adalah perahu karet, terpal, selimut, pakaian dewasa dan anak-anak.

Korban banjir juga memerlukan paramedis, obat-obatan dan trauma healing. Makanan, minuman, air bersih dan MCK juga dibutuhkan.

 

(Winda Nelfira)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.