Sukses

Banjir Kiriman Mulai Hampiri Jakarta, Air Kali Ciliwung di Kampung Pulo Meluap

Pantauan Liputan6.com soal banjir Jakarta, Rabu (1/1/2020), air meluap melalui pembatas sungai pukul 18.50 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Banjir kiriman mulai sampai ke Jakarta. Air Kali Ciliwung di sepanjang kawasan Kampung Pulo, Jakarta Timur dan Bukit Duri, Jakarta Selatan mulai meluap.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (1/1/2020), air meluap melalui pembatas sungai pukul 18.50 WIB. Genangan air pun meninggi seiring waktu.

Warga pun mulai memindahkan kendaraannya yang diparkir di jalanan menjadi lebih jauh lagi. Petugas evakuasi pun masih bersiaga di genangan air.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkeliling mengecek pintu air dan evakuasi banjir Jakarta pada Rabu (1/1/2020) siang. Anies menyebut berdasar laporan dari pintu air Depok, air kiriman akan tiba di Manggarai Jakarta sekitar pukul 15.00 WIB. Dia meminta semua warga yang berada di bantaran Ciliwung untuk waspada.

"Semua kawasan daerah aliran sungai harus waspada, petugas kita ada di lapangan untuk membantu bila air kiriman sampai di Jakarta. Ini sesuatu harus kita antisipasi meski hujan di Jakarta telah reda," kata Anies saat meninjau tanggul Latuharhari terkait banjir Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (1/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fokus Evakuasi

Sebelumnya, air kiriman dari Katulampa diperkirakan tiba pukul 18.00 WIB. Anies menyebut meski hujan telah reda, bukan berarti ancaman banjir juga turut reda.

"Meski curah hujan Jakarta mulai mereda, tapi kita anstisipasi air datang dari pegunungan. Karena tadi jam 9 pagi di Depok itu sudah siaga 2. Yang dari Depok airnya nyampe Jakarta kira-kira jam 3 sore. Katulampa kira-kira sampai jam 6 sore," ucapnya.

Ia memastikan pihaknya fokus evakuasi warga dan tidak ada jajaran DKI yang libur.

"Semua tempat ada banjir jajaran kita langsung datangi evakuasi, tadi pagi evakuasi untuk pastikan seluruh warga selamat. Jadi seluruh titik banjir di Jakarta kita datangi petugas kita ada di sana," ucapnya.

"Fase kita sekarang evakuasi kemudian menyiapkan tempat penampungan sementara, seluruh kantor, sekolah di DKI disiapkan menampung. Seluruh petugas hari ini bekerja. Jajaran Pemprov enggak libur, semua turun lapangan. Mereka ditugaskan di tiap kelurahan untuk membantu," Anies menandaskan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.