Sukses

Jelang Rakernas, PDIP Tekankan Riset dan Inovasi Nasional

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan merayakan ulang tahun yang ke-47 pada 10 Januari 2020 dengan menggelar rapat kerja nasional (rakernas).

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, melalui rakernas itu pula partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut akan memasifkan upaya mewujudkan kemandirian nasional.

"HUT ke-47 dan Rakernas I PDIP akan mengangkat seluruh aspek strategis guna menyusun jalan kebudayaan sebagai bangsa berdikari," ujar Sekjen PDIP Hasto dalam keterangannya, Selasa (17/12/2019).

Menurut dia, Indonesia merupakan negeri yang sangat kaya akan sumber obat-obatan, pangan, rempah, bahkan menjadi produsen terbesar protein sarang burung walet di dunia. Indonesia, katanya, juga dikenal sebagai negari dengan varietas umbi-umbian paling lengkap.

"Tidak hanya dalam hal pangan, obat-obatan, rempah, dan keanekaragaman flora fauna, Indonesia berpeluang menjadi produsen terbesar minyak asiri di dunia," tutur Hasto.

Secara khusus, Hasto menjelaskan soal minyak asiri. Politikus asal Yogyakarta itu menuturkan, minyak asiri punya manfaat untuk proses healing ataupun parfum.

"Oleh karena itu PDI Perjuangan akan mendorong penelitian terhadap essential oil yang digunakan sebagai bahan baku industri parfum, pewangi, aromaterapi, farmasi, kosmetika dan lain-lain sebagai bagian mewujudkan semangat berdikari," tegasnya.

Selain itu, PDIP juga mengajak seluruh elite politik, para peneliti, ahli perekayasaan industri, pelaku bisnis dan sektor keuangan bersama-sama menggelorakan semangat berdikari melalui riset, inovasi, serta aplikasi teknologi. Hasto menegaskan, menumbuhkan semangat berdikari melalui riset, inovasi dan pengembangan dari hulu ke hilir atas berbagai kekayaan alam Indonesia sudah sangat urgen.

"Hal tersebut akan meningkatkan nilai tambah agrikultura dan industri pengolahan bahan yang autentik memiliki daya saing karena bagian dari core production yang unik, khas Nusantara," pungkas Sekjen PDIP ini.

2 dari 3 halaman

Akan Dihadiri Jokowi

Peringatan HUT ke-47, serta Rakernas I PDIP yang akan diselenggarakan 10-12 Januari 2020, akan melibatkan seluruh stakeholders yang memiliki semangat mewujudkan Indonesia Berdikari.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Rakernas I ini akan menjadi yang terbesar.

"Dihadiri dari Presiden, menteri, struktur partai, legislatif dan eksekutif partai, hingga para sejarawan, arkeolog, ahli gizi, ahli obat-obatan tradisional dan para budayawan," kata Hasto, Sabtu (14/12/2019).

Dia menuturkan, gelar kebudayaan juga akan ditampilkan guna menunjukkan kepribadian bangsa yang berakar kuat sejak ribuan tahun yang lalu.

"Indonesia begitu berwarna, dan kaya dengan nilai spiritualitas yang hidup dalam kebudayaan bangsa. Karena itulah PDI Perjuangan juga akan menghadirkan kaum muda Indonesia dalam peringatan HUT 47 dan Rakernas I PDIP dengan pesan kebudayaan yang begitu kental," jelas Hasto.

Dia menegaskan, partainya akan menjadikan jalan kebudayaan untuk menjadi haluan negara, maka bisa menempuh kemakmuran.

"Dalam hal pangan, rempah, obat-obatan, bumbu-bumbuan, dengan keanekaragaman flora-fauna paling lengkap sedunia, selama dikelola dari hulu ke hilir, dengan menerapkan riset dan inovasi serta melalui sistem produksi yang tepat, maka jalan kemakmuran Indonesia Raya akan tercipta. Semangat inilah yang kami digelorakan," ungkap Hasto.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: