Sukses

PDIP: Tidak Ada Karpet Merah untuk Gibran Rakabuming di Pilkada Solo

Bambang memprediksi, hari Kamis ini akan banyak yang mendaftar bakal calon kepala daerah di kantonya.

Liputan6.com, Jakarta - Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota Solo, hari ini, Kamis (12/12/2019). PDI Perjuangan tidak memberikan keistimewaan kepada pengusaha martabak itu.

Ketua DPD Jawa Tengah PDI Perjuangan Bambang Wuryanto mengatakan, selama proses penjaringan bakal calon kepala daerah semua kader diberi perlakuan sama. Gibran, kata dia, tidak akan diberikan karpet merah.

"Kalau dalam proses penjaringannya di partai ini equal treatment. Semua diperlakukan sama. Mohon izin tentu Mas Gibran tidak diberikan karpet merah," ujar Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Dia menuturkan, hari Kamis ini akan banyak yang mendaftar bakal calon kepala daerah di kantonya. Sebab, hari ini merupakan Kamis Legi, yang mempunyai arti hari baik untuk orang Jawa.

Bambang mengatakan, soal keputusan siapa yang akan diusung ada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Nantinya, Megawati akan memberikan keputusan langsung karena berkaitan dengan isu nasional. Sebab, yang mencalonkan adalah putra presiden.

"Jadi, enggak ada masalah. Bahwa kewenangan memberikan rekomendasi bagi paslon itu ada di tangan dewan partai yang dipimpin ibu ketua umum. Hal-hal yang sangat khusus pasti ketua umum ambil keputusan," kata dia.

Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu itu yakin Mega bakal diskusi dengan Presiden Jokowi. Apalagi banyak tudingan majunya Gibran ini memunculkan politik dinasti.

"Tentu dalam konteks ini saya tidak berani memastikan tetapi kira-kira pasti nanti ada putusan antara ibu dengan Pak Presiden. Saya enggak tahu loh ya, tapi orang-orang berkira-kira," kata Bambang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diantar Istri dan Ibu Negara

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka dikawal para relawan pendukungnya untuk mendaftar sebagai calon Wali Kota Solo (Cawalkot) ke DPD PDIP Jawa Tengah di Semarang. Dia juga dilepas oleh sang ibu, Iriana Jokowi, dan istrinya, Selvi Ananda.

Pantauan Liputan6.com, Kamis (12/12/2019), ratusan relawan pendukung Gibran Rakabuming Raka telah berkumpul di Halaman Graha Sabha Buana Solo sejak pukul 06.30 WIB. Para relawan yang datang tampak menikmati hidangan sarapan gratis seperti hidangan nasi liwet, nasi goreng, soto ayam, bubur ayam, wedangan hingga minuman ronde.

Massa pendukung tersebut berasal dari berbagai elemen relawan. Mereka yang akan mengantar Gibran menuju Semarang mengenakan seragam kaus bertuliskan "Indonesia Raya" lengkap dengan gambar para pahlawan nasional.

Gibran datang ke lokasi titik kumpul para relawan di depan Graha Sabha Buana sekitar pukul 08.30 WIB. Ia tampak mengenakan pakaian kemeja lengan panjang putih dan celana hitam berwarna hitam. Kedatangan Gibran langsung disambut para pendukungnya yang telah berkumpul sejak pagi. Ayah Jan Ethes itu pun menyalami para relawan sambil meladeni permintaan foto bersama para relawan.

Tak berselang lama, Ibu Negara Iriana Jokowi tampak datang menyusul Gibran Rakabuming Raka. Iriana tampak mengenakan kemeja seragam kebesar Gibran untuk Cawalkot Solo yang difungsikan sebagai outer.

Para relawan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menyalami Iriana dan foto bersama.

 

Reporter: Ahda Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.