Sukses

Survei IPO: Sri Mulyani dan Prabowo Dinilai Duduki Kementerian Paling Tepat

Direktur IPO Dedi Kurnia Syah Putra mengatakan persentase kepopuleran Sri Mulyani sebesar 32 persen, disusul Prabowo sebesar 22 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menduduki peringkat tertinggi sebagai tokoh populer di pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin berdasarkan hasil survei Indonesian Political Opinion (IPO). Publik menganggap Sri Mulyani dan Prabowo tepat di posisi mereka saat ini.

Direktur IPO Dedi Kurnia Syah Putra mengatakan persentase kepopuleran Sri Mulyani sebesar 32 persen, disusul Prabowo sebesar 22 persen.

"Kepercayaan publik tokoh yang ditempatkan Jokowi percaya, Prabowo paling sesuai dengan Kementerian Pertahanan, sebelumnya Sri Mulyani yang populer di mata publik dengan Menteri Keuangan," ujar Dedi dalam satu diskusi, Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

Jika Sri Mulyani dan Prabowo Subianto dipercaya publik tepat berada di posisinya. Dedi mengatakan ada pula tokoh dari pemerintahan Jokowi yang tidak tepat di posisi mereka. Misalnya, Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Dari hasil survei IPO, Nadiem populer di mata publik namun saat dipilih menjadi Mendikbud, publik ragu kapasitas pioner Go-Jek itu.

"Nadiem Makarim dianggap publik baik tapi disandingkan dengan kementerian mereka meragukan. Seharusnya tidak di sana," tandasnya.

Selain Nadiem, Tito Karnavian diragukan publik menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri. Dalam hasil survei, latar belakang Tito sebagai polisi masih sangat kental. Itu pula, kata Dedi, sebagai salah satu alasan kapasitas Tito mengayomi seluruh Kepala Daerah diragukan.

Hasil survei IPO terhadap kepercayaan publik terhadap Tito sebagai Mendagri hanya 0,1 persen.

"Publik tidak percaya Pak Tito sebagai Menteri Dalam Negeri. Dia dianggap paling tidak sesuai," kata Dedi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menteri yang Tak Populer

Terakhir, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo diragukan kapastiasnya oleh publik. Publik juga disebut Dedi tidak populer dengan nama politikus Gerindra tersebut.

"Pak Edhy hanya 0,7 persen," tukasnya.

Hasil survei IPO dilakukan sejak November dengan cakupan di 27 provinsi dengan respondents 800 orang serta margin of error 4,5 persen.

64 persen menjawab optimis keterlibatan anak muda di pemerintahan membawa Indonesia maju, 23 persen menjawab sebaliknya, dan 9 persen menjawab ragu-ragu.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati
    Sri Mulyani Indrawati kini menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Kerja.

    Sri Mulyani

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo