Sukses

Prabowo Akan Kirim Taruna ke Malaysia untuk Belajar Militer

Untuk mempererat hubungan Indonesia dan Malaysia, Prabowo berencana akan mengirim taruna TNI untuk belajar di Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah bertemu dengan Menteri Pertahanan Malaysia, Mohammad Bin Sabu pada Kamis (15/11/2019) dalam kunjungan kerjanya ke negeri jiran tersebut.

Untuk mempererat hubungan Indonesia dan Malaysia, Prabowo berencana akan mengirim taruna TNI untuk belajar di Malaysia.

"Bertekad membangun hubungan erat dengan Malaysia, akan mengirim cadets (taruna) untuk belajar di Malaysia sebagai bentuk simbol persaudaraan dan saling berbagi pengetahuan, kebudayaan dan kemampuan militer," ujar Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak dalam keterangannya, Kamis (14/11/2019).

Dalam kesempatan itu pula, Menhan Malaysia mengatakan, negara mayoritas Islam di Asia Tenggara damai dan saling membantu, menjadi contoh bagi negara mayoritas Islam yang lain di dunia.

"Pak Prabowo menyatakan bahwa kontribusi Indonesia dan Malaysia sangat dibutuhkan untuk menjaga perdamaian tersebut, dan menunjukkan wajah negara-negara mayoritas Islam di ASEAN sebagai negeri yang cinta damai," pungkasnya.

Adapun, Menhan Indonesia dan Malaysia akan sama-sama berada di Bangkok akhir pekan ini, untuk mengikuti 6th Ministry of Defense Meeting Plus.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerjasama Baik

Prabowo mengatakan, Malaysia adalah negara oertama yang dikunjungi setelah dilantik sebagai Menteri Pertahanan.

"Saya melaksanakan lawatan kunjungan resmi pertama sebagai Menhan, dan yang pertama saya kunjungi adalah Malaysia," ucap Prabowo.

Dalam pertemuannya dengan Menhan Malaysia, Prabowo mengaku mendapat tugas khusus dari Presiden Jokowi untuk mempererat hubungan dan persahabatan dengan Malaysia.

Dalam pertemuan bilateral dengan Menhan Malaysia, Prabowo mengungkapkan banyak hal kesamaan pandangan dan pemikiran diantara kedua negara. Dan hal itu, akan menjadi modal yang kuat bagi kedua negara dalam upaya meningkatkan kerjasama pertahanan.

"Saya juga sudah adakan pembicaraan dengan Yang Mulia Menteri Pertahanan Malaysia, banyak persamaan pandangan pemikiran kita banyak yang sama. Karena itu, sangat optimis melihat ke depan saya yakin hubungan kerjasama pertahanan Indonesia dan Malaysia akan semakin baik", ungkap Prabowo.

Dia menegaskan, upaya peningkatan kerjasama yang perlu dilakukan kedua negara, diantaranya kerjasama di bidang pendidikan dan latihan, serta kerjasama industri pertahanan.

"Kami ingin mencari bentuk-bentuk kerjasama yang lebih baik lagi pertukaran perwira dan pertukaran siswa antara Indonesia dan Malaysia saya kira sangat baik. Dan juga kerja sama di bidang teknik dan industri pertahanan", jelas Prabowo.

Turut serta dalam rangkaian kunjungan ini beberapa pejabat Kemhan antara lain Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Rizerius Eko HS, Karo Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Totok Sugiharto dan Karo TU dan Protokol Setjen Kemhan Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.