Sukses

Megawati Disebut Mengganjal Langkah AHY Jadi Menteri Jokowi, Ini Reaksi Puan Maharani

Putri Megawati itu tidak percaya hubungan lama Megawati dengan SBY mengganjal langkah AHY menuju kabinet.

Liputan6.com, Jakarta - Agus Harimurti Yudhoyono tidak masuk daftar menteri Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo. Wakil Sekretaris Jenderal Demokrat Andi Arief menuding penyebabnya adalah dendam lama Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

Mendengar isu tersebut, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani kaget. Putri Megawati itu tidak percaya hubungan lama Megawati dengan SBY mengganjal langkah AHY menuju kabinet.

"Masa? Pertanyaan, masa gitu?" kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Puan menyebut susunan kabinet merupakan prerogatif presiden. Menurut dia, mencari nama calon menteri sampai dilantik sudah melalui proses yang panjang dan pertimbangan matang.

"Ini prerogratif presiden dan kemudian ini kan sampai terjadi pelantikan kabinet yang lalu itu kan sudah dalam proses yang panjang," jelas Ketua DPR itu.

Puan meminta yang membuat isu penjegalan AHY jadi menteri untuk melihat proses perjalanan dari pemilu sampai pelantikan kabinet. Dia minta jangan menimbulkan riak dengan cara menyalahkan pihak tertentu dalam proses pencarian menteri.

"Saya rasa jangan sampai menimbulkan riak-riak yang kemudian membuat ada yang sepertinya disalahkan atau menyalahkan," kata dia.

Puan juga menegaskan, hubungan Megawati dengan SBY baik-baik saja. Megawati dan SBY, kata dia, kerap bertemu dalam beberapa kesempatan.

"Baik-baik aja lah. Kenapa? Saya sering ketemu, ibu juga ketemu. Kemarin pelantikan juga bareng-bareng," kata dia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cuitan Andi Arief

Diberitakan, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief merasa, dalam penolakan AHY ada peran Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Keresahan itu diungkapkan dalam unggahan melalui media sosial twitter.

Menurut dia, dendam lama antar SBY dan Megawati dianggap sebagai pemicu. Alhasil wakil ketua umum Partai Demokrat itu dicoret dari daftar calon menteri.

"Awalnya saya menduga bahwa dendam Ibu Megawati hanya pada Pak @SBYudhoyono, ternyata turun juga ke anaknya @AgusYudhoyono. Tadinya saya melihat Pak Jokowi mampu meredakan ketegangan dan dendam ini, rupanya belum mampu," kata Andi, dikutip Sabtu pekan lalu.

Bagi Andi Arief, penolakan Partai Demokrat masuk ke dalam koalisi juga menandakan bahwa AHY memang ditolak. Meski begitu, partai besutan SBY ini tetap menghargai hak prerogatif Presiden Jokowi dalam menentukan orang terbaiknya menjalankan pemerintahan.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.