Sukses

Sudah Purna Tugas, Retno Marsudi Masih Dampingi Jokowi Terima Tamu Negara

Pada Minggu pagi, Retno juga mendampingi Jokowi menerima para kepala negara sahabat.

Liputan6.com, Jakarta - Joko Widodo atau Jokowi bersama Ma'ruf Amin resmi menjadi presiden dan wakil presiden 2019-2024. Dengan begitu, masa jabatan menteri Kabinet Kerja pun otomatis telah berakhir sambil menunggu terbentuknya kabinet baru.

Namun, Menteri Luar Negeri periode 2014-2019 Retno Marsudi masih tampak mendampingi Jokowi menerima sejumlah tamu negara di Istana Merdeka, Minggu (20/10/2019). Mereka mengucapkan selamat kepada Jokowi yang kembali dilantik untuk kedua kalinya.

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda itu terlihat mengenakan kebaya berwarna ungu saat menyambut Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan di halaman Istana Merdeka, Minggu malam. Setelah itu, baik Jokowi, Retno dan Wapres Tiongkok melakukan pertemuan secara tertutup.

Selain Wapres Tiongkok, Jokowi juga menerima kunjungan kehormatan dari Wakil Presiden Republik Sosialis Viet Nam Đặng Thị Ngọc Thịnh dan Wakil Presiden Republik Uni Myanmar Henry Van Thio.

Kemudian, menerima utusan khusus negara sahabat. Mereka antara lain, Utusan Khusus Presiden Republik Korea Noh Young-min, Utusan Khusus Presiden Filipina Theodoro Locsin, dan Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang Nakayama Norihiro.

Selanjutnya, Utusan Khusus Presiden Persatuan Emirat Arab Y.M. Sheikh Nahyan Mabarak Al Nahyan dan Utusan Khusus Presiden Amerika Serikat Hon. Elaine L. Chao.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampingi Jokowi Sejak Pagi

Pada Minggu pagi, Retno juga mendampingi Jokowi menerima para kepala negara sahabat. Pertemuan juga digelar di Istana Merdeka, sebelum Jokowi berangkat ke Gedung MPR untuk pelantikan.

Adapun kepala negara yang menemui Jokowi antara lain, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Australia Scott Morisson, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, dan Raja Eswatini Raja Mswati III. Mereka bertemu Jokowi satu per satu dengan waktu pertemuan hanya sekitar 20 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Retno Marsudi kini menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dalam Kabinet Kerja Joko Widodo
    Retno Marsudi kini menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dalam Kabinet Kerja Joko Widodo

    Retno Marsudi

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi