Sukses

Gempa Lokal Magnitudo 3,1 Guncang Bogor

Lindu yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat.

Liputan6.com, Jakarta Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 3,1 mengguncang kawasan Bogor, Jawa Barat pada Jumat (18/10/2019) sekitar pukul 21.58 WIB. Gempa dengan kedalaman 2 km itu berada pada titik 30 km barat laut Kabupaten Bogor atau pada koordinat 6.75 LS - 106.49 BT.

Menurut Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho, sampai dengan pukul 22.48 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Hendro mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut.

"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Bogor Bagian Barat dengan skala intensitas II MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," kata Hendro dalam keterangan resminya.

Hendro menjelaskan, ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa lindu yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat.

Untuk mengetahui informasi perkembangan soal gempa tersebut, Hendro menganjurkan kepada masyarakat agar memperoleh informasi resmi gempa bumi dengan skala magnitudo kurang dari lima hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui website www.balai2.bmkg.go.id.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Bumi

  • Gempa Bogor