Sukses

Anies Akan Integrasikan Kampung Akuarium dengan Cagar Budaya

Anies Baswedan tepat menjabat dua tahun sebagai gubernur DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan penataan kampung Akuarium, Jakarta Utara direncanakan terintegrasi dengan kawasan cagar budaya yang ada disekitarnya. Dia menyebut ternyata sejumlah wilayah di sekitar Kampung Akuarium yang dijadikan pariwisata budaya.

"Karena disitu adalah salah satu tempat yang paling tua di kota Jakarta," kata Anies di Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2019).

Dia menyebut nantinya penataan kampung itu melibatkan masyarakat setempat, bukan dari rancangan pihak luar. Sehingga mereka dapat merancang kampungnya berdasarkan aturan yang ada.

"Justru ini yang akan jadi percontohan bagaimana masyarakat merancang kampungnya sendiri," ucapnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta berencana memulai pembangunan di Kampung Akuarium, Jakarta Utara pada tahun 2020. Nantinya seratusan unit rumah akan dibangun.

"Jumlahnya 142 unit dalam bentuk rumah lapis," kata Kepala Bidang Pembangunan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Triyanto saat dihubungi, Selasa (8/10/2019).

Rumah lapis yang dimaksud Triyanto yakni layaknya rumah susun dengan tinggi maksimal empat lantai saja. Ratusan rumah tersebut berukuran 27 meter persegi.

Dia menyebut saat ini masih proses lelang dan Detail Engineering Design (DED), sehingga belum diketahui besaran anggaran yang dibutuhkan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Baik untuk Ekosistem

Anies menyebut, desain tidak hanya bagus dari fisik melainkan juga baik bagi ekosistem di sekitaran Kampung Akuarium.

"Desainnya bagus bukan hanya bagus karena artistik, tapi karena bagus membangun ekosistem kampung, di mana masyarakat satu sama lain berinteraksi," jelas Anies.

Anies berharap Kampung Akuarium nantinya bisa menjadi daerah wisata dan mengembangkan roda ekonomi di sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • Moda Raya Terpadu atau disingkat MRT adalah sistem transportasi rel angkutan cepat di Jakarta.

    MRT

  • Lintas Rel Terpadu Jabodetabek atau disingkat menjadi LRT Jabodetabek adalah lintas rel terpadu yang berada di daerah Jabodetabek.

    LRT