Sukses

Pimpinan DPRD DKI Ditetapkan, Prasetio Edi dan M Taufik Kembali Menjabat

Demokrat yang sebelumnya belum menyetor nama pimpinan, menunjuk Misan Samsuri sebagai Wakil Ketua DPRD.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta periode 2019-2024 menggelar rapat paripurna untuk mengumumkan penetapan susunan pimpinan DPRD DKI yang baru.

"Inilah lima, atau bisa juga pandawa lima, yang akan mengusung DPRD 2019-2024,” ungkap Ketua DPRD DKI sementara Fraksi PDI Perjuangan, Pantas Nainggolan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Berdasarkan surat keputusan dari DPP PDI Perjuangan, Prasetio Edi Marsudi kembali dipilih menjadi Ketua DPRD DKI periode 2019-2024. Ini adalah kedua kalinya dia menjabat sebagai Ketua DPRD DKI. Sedangkan dari DPP Gerindra, Muhammad Taufik juga kembali ditetapkan menjadi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta.

Di sisi lain, Abdurrahman Suhaimi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ditetapkan sebagai Wakil Ketua DPRD DKI.

Selanjutnya adalah Misan Samsuri dari Partai Demokrat dan Zita Anjani dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga ditetapkan sebagai Wakil Ketua DPRD DKI.

"Mudah-mudahan lima pandawa ini akan membawa keberkahan bagi DKI Jakarta sampai dengan tahun 2024,” tutur Pantas.

"Ini (dokumennya) akan segera kita bawa ke Kementerian Dalam Negeri agar segera bisa diproses,” imbuh dia.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditunjuk Megawati

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menunjuk Prasetio Edi Marsudi menjadi Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024.

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan,  penunjukkan tercantum dalam surat Nomor 737/IN/DPP/X/2019 perihal Pengesahan dan Penetapan Calon Ketua DPRD DKI Jakarta. Surat tersebut Megawati di Jakarta pada Selasa, 1 Oktober 2019.

"Surat ini akan diumumkan di paripurna mengenai calon Ketua DPRD DKI dari fraksi PDI Perjuangan," imbuhnya.

Gembong mengatakan semua kader PDIP akan tunduk terhadap keputusan itu. Pihak Fraksi sendiri akan solid mendukung Prasetio di DPRD DKI Jakarta. "Semua pihak dan kader partai harus tunduk pada keputusan itu. Untuk mengamankan dan membantu kinerjanya kader yang telah ditunjuk," kata dia.

Prasetio sebelumnya sudah menjadi Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2014-2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.