Sukses

Golkar Tunjuk Bamsoet Calon Ketua MPR, Aziz Syamsuddin Wakil Ketua DPR

Nama itu diputuskan dalam rapat internal di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, yang dipimpin Ketua Umum Airlangga Hartarto.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Golkar telah mengambil keputusan terkait kadernya yang akan mengisi posisi pimpinan di DPR dan MPR. Golkar memutuskan, Bambang Soesatyo sebagai calon Ketua MPR.

"Menugaskan kepada Pak Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR dari Partai Golkar," ujar Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2019).

Hal itu diputuskan dalam rapat internal yang dilaksanakan di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, usai pelantikan anggota Parlemen siang tadi. Rapat tersebut memutuskan pimpinan DPR, MPR, sampai fraksi. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto memimpin rapat tersebut.

DPP Golkar juga memutuskan menugaskan Aziz Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR. Aziz juga ditunjuk sebagai Ketua Fraksi Golkar di DPR dan Adies Kadir sebagai Sekretaris Fraksi Golkar.

"Fraksi Partai Golkar di DPR RI telah diputuskan Pak Aziz Syamsuddin sebagai ketua, sekretarisnya Pak Adies. Dan menugaskan Pak Aziz Syamsudin untuk menjadi Wakil Ketua DPR RI dari Partai Golkar," kata Ace.

Sementara, Zainuddin Amali ditunjuk sebagai Ketua Fraksi Golkar di MPR. Sekretaris Fraksi Golkar MPR adalah Idris Laena.

"Tadi juga menyepakati bahwa untuk Ketua Fraksi Partai Golkar di MPR RI adalah Pak Zainuddin Amali dengan sekretarisnya Pak Idris Laena," ucap Ace.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berebut Posisi Ketua MPR

Untuk nama Aziz Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR agaknya tak ada masalah. Dengan dipastikannya Puan Maharani dari PDIP sebagai Ketua DPR, maka otomatis calon pimpinan DPR dari partai lain akan menjadi Wakil Ketua DPR, termasuk dari Golkar.

Yang masih akan diperebutkan adalag posisi Ketua MPR. Posisi Bamsoet cukup kuat karena Golkar merupakan peraih suara kedua terbesar dalam Pemilu 2019. Jika posisi Ketua DPR ditempati pemenang Pemilu 2019, maka bukan tak mungkin posisi Ketua MPR akan diberikan kepada pemenang kedua, yaitu Golkar.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.