Sukses

Anies Jamin Kawasan Senayan Bersih dari Sampah Sisa Demonstrasi

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan, kondisi kawasan Senayan khususnya di sekitar Gedung DPR/MPR sudah bersih dari sampah sisa demonstrasi mahasiswa kemarin, Senin 30 September 2019.

Menurut Anies, hal ini guna mendukung kelancaran pelantikan anggota DPR/MPR/DPD terpilih periode 2019-2024.

"Alhamdullilah pagi ini kawasan di sekitar Senayan sudah bersih, sehingga acara pelantikan yang berlangsung nanti insyallah tidak ada gangguan," kata Anies di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Anies mengatakan, sejak dini hari tadi 200 petugas dari dinas terkait sudah membersihkan sekitar Gedung DPR/MPR dan kawasan Senayan.

"Tim kebersihan bekerja all out, kita mengerahkan lebih dari 200 orang. 200 orang itu bertahan di dalam kompleks GBK sampai kondisi sudah tenang, begitu kondisi tenang mereka langsung membersihkan semuanya," tutur Anies.

Anies menuturkan, seluruh kebersihan juga sudah berupaya agar jalan yang menuju Gedung DPR/MPR kembali normal dan bisa dilewati. Selain itu, beton-beton pembatas jalur Transjakarta yang banyak terjatuh dan berubah posisi juga sudah dikembalikan seperti semula.

"Sweeper-sweeper kita juga bekerja, jadi tadi malam saat semua kita barangkali sudah istirahat, tim bekerja membersihkan," tambah Anies.

2 dari 3 halaman

Pelantikan Anggota Dewan

Sebelumnya, pelantikan anggota parlemen berlangsung pada hari ini, Selasa (1/10/2019). Selain itu, Pimpinan DPR 2019-2024 juga akan dipilih sekaligus dan ditetapkan pada sore atau malam harinya.

Menurut Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar, penetapan Pimpinan DPR RI tidak terlalu sulit karena UU tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) telah mengatur lima pimpinan DPR berasal dari lima partai politik yang memperoleh suara tertinggi.

"Kami batasi kalau Pimpinan DPR pada Selasa malam (terpilih). Jadi sebenarnya ini di fraksi-fraksi domainnya, karena di UU sudah lebih jelas, yaitu lima pimpinan DPR itu dari parpol dengan perolehan suara tertinggi di pemilu," kata Indra di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin 30 September 2019.

Dia mengatakan, rangkaian pelantikan anggota DPR, DPD dan MPR pada Selasa dijadwalkan selesai pukul 11.40 WIB. Setelah itu dilakukan istirahat untuk makan dan salat.

Selanjutnya pembahasan di fraksi masing-masing terhadap agenda yang sudah disusun persiapan pimpinan DPR RI.

"Setelah itu kami sudah susun ada Badan Musyawarah (Bamus) kecil dari semua fraksi untuk menyusun acara sampai dengan sore atau malam. Pimpinan termuda dan tertua akan pimpin rapat Bamus," ujarnya.

Dia menjelaskan, kalau stamina anggota DPR masih kuat, Selasa malam pihak Kesekjenan akan berkoordinasi dengan Mahkamah Agung (MA) untuk langsung diadakan pelantikan.

"Namun kalau sudah terlalu lelah, pelantikan pimpinan DPR akan dilakukan pada Rabu (2/10) pagi," katanya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Anies: Pelukan Elite Politik Penting Jaga Persatuan
Artikel Selanjutnya
Anies Pamer Transportasi Terintegrasi Jakarta di Rakernas PKS