Sukses

Anies Baswedan Akan Tutup Jalan di Kawasan Monas untuk Pembuatan Trek Formula E

Dia menyebut penutupan itu tidak akan berlangsung lama.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, rencananya, Pemprov DKI Jakarta akan menutup jalan saat pembuatan trek balap mobil listrik atau Formula E di kawasan Monas. Dia menyebut penutupan itu tidak akan berlangsung lama.

"Diperkirakan satu minggu, jadi lebih sebentar daripada penutupan ketika ada sidang MK (Mahkamah Konstitusi) Bawaslu," kata Anies di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).

Sebagai lokasi perhelatan, permukaan aspal lapangan Monas mempunyai kemiripan dengan loaksi balap di Paris, Perancis yang melintasi kawasan cagar budaya. Saat itu, permukaan aspal ditutup aspal sementara.

"Mereka melapisi, lalu dikembalikan lagi. Kalau kita bukan cagar budaya, tapi dibuat beberapa tahun lalu. Kita akan dibuat di sini," ucapnya.

Kendati begitu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu belum dapat menyebutan secara pasti final rute sirkuit Formula E yang akan dilalui saat balapan mobil listrik nanti.

"Ketika sudah selesai, gambar akan diumumkan, sekaligus diumumkan apakah akan ada penutupan jalan atau tidak. Kalau perhitungan sampai sekarang, Insyaallah tidak akan mengganggu lalu lintas," jelas Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diselenggarakan 6 Juni 2020

Rencanya perhelatan itu balap mobil ini diselenggarakan pada 6 Juni 2020 dan akan berlangsung di kawasan Monas. Akan tetapi, Anies belum dapat menyebutkan sirkuit yang akan dilalui dalam balap mobil tersebut.

"Detail track belum dituntaskan akan diumumkan kemudian, yang jelas digelar di kawasan Monas ini," ucap Anies.

Selain itu dalam penyelanggaraan itu, Pemprov DKI Jakarta menunjuk PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dalam pelaksanaannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.