Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Top 3 News: Prosesi Pemakaman BJ Habibie Diselimuti Haru

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News hari ini, Indonesia berduka. Salah satu putra terbaiknya yaitu Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie telah berpulang akibat gagal jantung di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Didampingi keluarga, Habibie mengembuskan nafas terakhirnya, Rabu, 11 September, pukul 18.05 WIB di usia 83 tahun. Sosok cerdas dan menginspirasi tersebut telah pergi untuk selama-lamanya. 

Usai disemayamkan di rumah duka di Jalan Patra Kuningan XIII/3, Jakarta Selatan, jenazah BJ Habibie diserahkan pihak keluarga kepada pemerintah untuk dimakamkan secara militer di TMP Kalibata.

Habibie dimakamkan bersebelahan dengan belahan hatinya, Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie. Dalam balutan bendera merah putih, peti jenazah almarhum bapak teknologi ini berangkat menuju persemayaman terakhirnya.

Ribuan warga yang melepas kepergiannya dengan memenuhi jalan saat mobil jenazah lewat, menjadi bukti begitu banyak cinta untuk sosok pria sederhana dan bersahaja, yaitu Presiden ke-3 RI BJ Habibie.

Pemakaman BJ Habibie dilakukan secara militer dan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi selaku inspektur upacara. Di matanya, sosok Habibie adalah suri tauladan bagi anak bangsa. 

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Kamis, 12 September 2019:

2 dari 5 halaman

1. Ini Rangkaian Proses Pemakaman Jenazah BJ Habibie

Menurut Sekretaris pribadi BJ Habibie, Rubijanto, sebelum diberangkatkan ke TMP Kalibata, jenazah BJ Habibie akan diserahkan dari pihak keluarga ke pemerintah. Upacara penyerahan jenazah Habibie itu akan berlangsung di rumah duka pada pukul 12.30 WIB.

"Selanjutnya pada pukul 13.00 WIB, jenazah diberangkatkan dari rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII / 3 Jaksel menuju TMP Kalibata," kata Rubijanto dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Sesampainya di TMP Kalibata, prosesi pemakaman BJ Habibie akan digelar. Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menjadi inspektur dalam upacara tersebut.

Karangan Bunga membanjiri kediaman Presiden ke-3 Republik Indonesia, Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie di Jalan Patra Kuningan XIII, Blok L XV Kav 5, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019) malam.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Fakta Mengejutkan Terungkap Usai Kecelakaan Nganjuk Terjadi

Kecelakaan maut terjadi di Jalan Nganjuk-Madiun, Jawa Timur pada Senin, 9 September 2019. Kecelakaan tersebut melibatkan satu unit mobil Innova dengan Bus Mira.

Lima orang menjadi korban dalam kecelakaan tersebut. Tiga di antaranya meninggal dunia. Mereka adalah Panji Whisnu Kusuma (21), Rizki Viko Abdillah, dan Amalia Hestin Nugreheni (17).

Satu penumpang bernama Tohir Rohjana (22) selamat. Dia mengalami luka robek bagian kepala. Saat itu Tohir duduk di bangku samping sopir. Sementara, Amalia duduk di kursi tengah dan Viko duduk paling belakang.

Saat kejadian kecelakaan diketahui, Innova melaju dengan kecepatan tinggi. Hal ini yang menjadi penyebab kecelakaan maut tersebut. Bahkan, sebelum kecelakaan maut antara Toyota Innova vs Bus Mira di Jalan Raya Surabaya-Nganjuk terjadi, sebuah video di dalam mobil beredar viral. 

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Selain Ainun, Makam BJ Habibie Juga di Dekat Ani Yudhoyono

Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Kamis (12/9/2019).

Rencananya, BJ Habibie akan dimakamkan pada pukul 13.30 WIB. Prosesi upacara pemakaman sendiri akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pantauan liputan6.com di TMP Kalibata, makam BJ Habibie sudah disiapkan dengan diberi karpet merah.

Selain berdekatan dengan sang istri Ainun Habibie yang terletak di sebelah kiri, makam BJ Habibie juga berdekatan dengan Kristiani Herawati Yudhoyono atau Ani Yudhoyono.

Makam Ibu Ani Yudhoyono berada tepat di depan BJ Habibie.

 

Selengkapnya...

 

Reinaldi Hasan

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Prabowo Sebut Diminta Jokowi di Bidang Pertahanan, Apakah Jadi Menhan?
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Menanti Wajah-Wajah Baru Menteri Jokowi