Sukses

Foto-Foto Penampakan Kos Kotak atau Sleep Box di Johar Baru

Kos tersebut mempunyai ruang tidur sebanyak 64, dengan ukuran 2×1 yang disekat dengan menggunakan tripleks dan gypsum.

Liputan6.com, Jakarta - Sleep box atau kos kotak sedang ramai diperbincangkan. Kamar kos yang memiliki tiga lantai dan saat ini ramai diperbincangkan yakni berada di Jalan Rawa Selatan V, nomor 14, RT 018, RW 04, Kelurahan Kampung Rawa, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.

Kos tersebut mempunyai ruang tidur sebanyak 64, dengan ukuran 2×1 yang disekat dengan menggunakan tripleks dan gypsum. Kamar kos itu sendiri juga sengaja didesian hanya untuk bermuatan satu orang saja.

Tinggi dari setiap lantai tersebut bisa dipastikan tak lebih dari 170 sentimeter. Karena, untuk orang yang mempunyai ukuran tinggi badan 170 centimeter, mesti harus menundukkan kepalanya agar bisa melewati lorong lantai kamar.

Setiap orang yang ingin menempati kamar kos kotak tersebut, hanya cukup merogoh kantong sebesar Rp 50 ribu per hari dan Rp 300 ribu per bulan. Dengan harga segitu, mereka sudah bisa menginap dengan fasilitas yang terbilang cukup lumayan.

Karena, hampir di setiap lantainya tersebut dipasangi dengan Air Conditioner (AC), diberi kamar mandi sebanyak tiga dan hanya diberi satu lampu penerangan saja. Untuk masing-masing lantainya yakni lantai dua dan lantai tiga, diisi atau dihuni oleh 32 orang.

Setiap kamar kos itu sendiri juga dilengkapi dengan satu kasur, dua bantal, colokan listrik dan lampu berwarna putih yang menempel di plafon.

Lalu, untuk lantai satu tersebut digunakan sebagai area parkir kendaraan, ruang salat, toilet serta ruang tv. Bagaimana cara penghuni untuk bisa menuju kamar kos, mereka hanya bisa menggunakan satu jalur yakni melewati tangga lingkar berwarna putih.

Bukan hanya itu, para penghuni juga harus bergantian agar bisa masuk ke kamar kos kotak. Karena, memang lantai dua dan tiga hanya bisa dilalui oleh satu orang saja dan harus bergantian atau mengantri untuk bisa keluar dan masuk.

"Ruangannya itu sempit buat masuk orang, cuma muat satu orang doang buat lewat itu. Bentuk kamarnya kan hadap-hadapan sama ada dua tingkat kamarnya," kata Lurah Kampung Rawa, Suherman kepada Merdeka di Kelurahan Kampung Rawa, Jakarta Pusat, Senin (2/9).

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kos tertutup sangat rapat dan cukup gelap, sehingga tak ada cahaya matahari yang dapat masuk ke kamar kos kotak.

3 dari 5 halaman

Akses satu-satunya menuju kamar kos kotak adalah tangga kecil dan berputar.

4 dari 5 halaman

Pemkot Jakarta Pusat akan menyegel rumah kos bermodel sleepbox yang berada di Jalan Rawa Selatan, Johar Baru.

5 dari 5 halaman

Setiap kamar kos dilengkapi dengan satu kasur, dua bantal, colokan listrik dan lampu putih di plafon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini