Sukses

Pawai Obor dan Atraksi Tari Meriahkan Jakarta Muharram Festival Sabtu Lusa

Liputan6.com, Jakarta Pemprov DKI Jakarta akan menggelar Jakarta Muharram Festival dalam rangka menyambut Tahun Baru 1441 H di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Sabtu 31 Agustus 2019 malam. 

Rangkaian kegiatan Jakarta Muharram Festival akan dimeriahkan dengan pawai obor yang disertai atraksi tari, lagu religi, dan salawat nabi, serta artis dan band nasional. 

"Selain pawai obor dan beragam atraksi, ada pula tausiyah dan doa bersama yang akan dilakukan dalam momen pergantian tahun Hijriah tersebut,” ujar Sekda DKI Jakarta Saefullah di Balaikota, Jakarta, Kamis (29/8/2019).

"Pawai obor dilaksanakan sekitar 2.600 orang. Ini adalah obor elektrik yang nanti akan dipegang oleh 2.600 orang. Masing-masing wilayah kota kita minta 500, dan kabupaten Kepulauan Seribu 100 orang,” lanjut dia.

Pawai obor akan dimulai dari titik awal Patung Kuda Arjuna Wihaha ke Bundaran HI dari pukul 19.00-19.30 WIB. Kemudian, kegiatan ini juga akan diiringi Halal Culinary Festival yang berlokasi di dua titik utama, yaitu Jl. Kebon Kacang Raya dan Jalan Imam Bonjol. 

Selain itu, akan ada tiga panggung utama di acara ini yang akan menampilkan berbagai hiburan tarian dan musik.

"Jakarta Muharram Festival akan menghadirkan berbagai grup band, antara lain Potret, Wali, Kotak, Koesplus Junior, Kanda Brothers, Jiung Band, dan Hijab Band, serta dimeriahkan oleh penyanyi dan artis nasional seperti Pasha, Opick, Wika Salim, dan Takaeda," tutur Saefullah.

“Ustaz Maulana dan Ustaz Syamsuddin Noor juga dipastikan akan mengisi rangkaian momen akhir tahun 1440 Hijriah. Adapun rangkaian acara akan dipandu oleh host terkenal seperti Irfan Hakim, Fadli-Fadlan, Arie Untung, Fenita Arie, dan Shara,” imbuhnya.

 

2 dari 2 halaman

Rekayasa Lalu Lintas

Adapun penutupan ruas jalan akan dilakukan di beberapa titik, yaitu:

1. Ruas Jalan MH Thamrin sisi timur dan barat dari Sarinah sampai dengan Bundaran Hotel Indonesia.

2. Ruas Jalan Jendral Sudirman sisi barat, dari Dukuh Atas sampai Bundaran HI.

3. Ruas Jalan Imam Bonjol, dari Bundaran Hotel Indonesia sampai sepanjang Jalan Agus Salim).

Sedangkan, rencana pengalihan arus lalu lintas direncanakan sebagai berikut:

1. Arus lalu lintas dari arah Jl. Wahid Hasyim sisi Timur yang akan belok kiri menuju Jl. MH. Thamrin dialihkan lurus ke Jl. Wahid Hasyim sisi Barat

2. Arus lalu lintas dari Jl. Kebon Kacang Raya yang akan menujuBundaran Hotel Indonesia diarahkan putar balik

3. Arus lalu lintas dari Jl. Teluk Betung yang akan menuju Jl. Sudirman

4. Arus lalu lintas dari Jl. Imam Bonjol yang akan menuju Jl. Pamekasan atau belok kanan menuju Jl. Agus Salim

5. Arus lalu lintas dari arah Semanggi yang akan menujuBundaran Hotel Indonesia dialihkan belok kiri (dukuh atas) menuju Jl. RM. Margono Djodjohadikoesoemo