Sukses

PODCAST: Yuk Kenal Jakarta Tempo Doeloe

Kota Tua Jakarta menjadi saksi sejarah bagaimana Jakarta sebagai kota baru yang terlihat rimbun, banyak pohon.

Liputan6.com, Jakarta Jakarta seolah tidak pernah habis untuk dibicarakan. Teranyar, soal pemindahan Ibu Kota Indonesia ke Kalimantan Timur, tepatnya di Penajam Paser dan Kutai Kertanegara.

Tapi, kita tidak akan membahas soal rencana pemindahan ibu kota. Dalam sesi Podcast kali ini, kami akan sedikit berbagi mengenai sejarah Jakarta pada abad 16 saat pemerintah Hindia-Belanda berkuasa di nusantara.

Kota Tua Jakarta menjadi saksi sejarah bagaimana Jakarta sebagai kota baru yang terlihat rimbun, banyak pohon. Jangan membayangkan Jakarta seperti sekarang, di abad ke-16 Jakarta diibaratkan dengan Queen from the east atau Ratu dari Timur.

Belum banyak rumah yang ada di Jakarta, sekitar 3 ribuan rumah. Tidak sepadat saat ini rumah-rumah saling berhimpitan.

Ada juga cerita mengenai wabah malaria yang menjadi momok penyakut saat itu. Ada juga nama-nama jalan atau kawasan yang sekarang ada di Jakarta, seperti Menteng, Pasar Senen, Kebayoran, Jati Padang, dan lain-lain.

Ingin lebih tahu soal Jakarta, simak perbincangan menarik di bawah ini.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini