Sukses

Pakar Fisika dari UI Terry Mart Terima Penghargaan dari LIPI

Menurut Kelapa LIPI Laksana Tri Handoko, Profesor Terry Mart adalah sosok yang tak pernah berdiam diri.

Liputan6.com, Jakarta - Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI), Terry Mart mendapatkan penghargaan sains bergengsi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Sarwono Award XVIII.

"LIPI memberikan penghargaan LIPI Sarwono Award XVIII kepada Prof Terry sebagai sosok yang memiliki dedikasi yang tinggi dan konsisten dalam bidang ilmu dan pemikirannya, khususnya dalam Fisika Partikel Kaon," kata Kepala LIPI Laksana Tri Handoko di Auditorium LIPI, Jakarta Selatan, Kamis (22/8/2019).

Menurut Handoko, Terry adalah sosok yang tak pernah berdiam diri. Hasil penelitiannya yang berkaitan dengan fisika partikel dan nuklir telah dicurahkan melalui karya-karyanya.

Hingga kini, lanjut Handoko, tidak kurang 133 publikasi baik jurnal ilmiah maupun publikasi popular telah dihasilkan oleh Terry. "Beliau juga menjadi pembicara di 62 konferensi ilmiah, baik di tingkat internasional maupun nasional," papar Handoko.

Guru Besar UI ini diketahui kerap beberapa kali mendapatkan penghargaan, misalnya Penghargaan Habibie Award (2001), Dosen berprestasi III UI (2004), Leading Scientist dari COMSTECH/Organisasi Konferensi Islam (2008), dan Ganesa Widya Jasa Adiutama dari ITB (2009).

Kemudian Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa dari Departemen Pendidikan Nasional (2009), Outstanding Southeast Asian Scientists dari SEA-EU-NET (South East Asia – European Union Network) (2009), dan masih banyak penghargaan lainnya.

"Dedikasi, kontribusi pemikiran, dan produktivitas publikasi menjadikan Prof Terry Mart sebagai tokoh pemikir dan ilmuwan berkelas dunia dan dapat menjadi inspirasi bagi dunia penelitian, sivitas peneliti dan akademisi Indonesia untuk secara sungguh-sungguh fokus dalam mengembangkan kepakarannya," ujar Kepala LIPI ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sarwono Award

Penghargaan Sarwono Award XVIII merupakan kegiatan yang telah berlangsung sejak tahun 2001 (untuk Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture) dan 2002 (untuk LIPI Sarwono Award) ini merupakan salah satu bentuk penghargaan LIPI terhadap prestasi ilmiah dan dedikasi anak bangsa dalam pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.

"Kegiatan ini juga untuk mengenang jasa dan pengabdian Prof Dr Sarwono Prawirohardjo sebagai Kepala LIPI yang pertama dalam membangun ilmu pengetahuan di Indonesia," jelas Handoko.

Handoko menyampaikan, kegiatan ini merupakan upaya pendidikan publik akan pentingnya peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penyiapan sumber daya manusia untuk mendukung visi Indonesia Maju dari Presiden Joko Widodo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.