Sukses

Tinjau Renovasi, JK Sebut Masjid Istiqlal Akan Ditambah Fasilitas Ramah Difabel

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK meninjau proses revonasi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019). Sekitar 30 menit, JK meninjau bangunan tersebut mulai dari kondisi lantai, karpet, hingga lampu.

JK yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini berharap, progres tersebut berjalan baik untuk mempercantik Masjid Istiqlal.

"Ya bagus, ini kan hanya memoles, bukan membangun. Tidak boleh dirobohkan karena bangunan cagar budaya. Hanya istilahnya mengkinclongkan, artinya mempercantik, memperindah dan lebih efektif," kata JK usai meninjau renovasi Masjid Istiqlal.

Dia mengungkapkan, masjid terbesar di Asia Tenggara ini akan ditambah fasilitas penunjang terutama untuk kaum difabel. Rencanya, Masjid Istiqlal yang berkapasitas 200.000 jemaah ini akan dilengkapi lift khusus penyandang disabilitas.

"Iya nanti ada lift khusus," kata JK.

 

2 dari 3 halaman

Telan Biaya Rp 465,3 Miliar

Pelaksanaan renovasi Masjid Istiqlal telah berlangsung sejak 6 Mei 2019 dan diperkirakan rampung dalam 10 bulan ke depan.

Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan, anggaran sekitar Rp 465,3 miliar tersebut akan digunakan untuk merenovasi bagian dalam masjid, seperti kamar mandi dan fasilitas wudhu. Ia menyebut kondisi kamar mandi dan fasilitas wudhu saat ini sudah rusak.

Selain itu, biaya akan mengalir untuk pemasangan 104 Closed Circuit Television (CCTV), penggantian karpet, termasuk mihrab yang ada di lantai utama masjid. Perbaikan mihrab akan meliputi tata suara, cahaya, dan udara.

 

Reporter: Intan Umbari

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Uniknya Musala Pertama yang Diresmikan Jusuf Kalla Usai Jabat Ketua Dewan Masjid Indonesia
Artikel Selanjutnya
Hari Istiqlal: Menunggu Tampilan Baru Masjid Usai Renovasi