Sukses

BNPT Sebut Kejadian di Polsek Wonokromo Terorisme Individu

Menurutnya, tipe ini bukanlah lawan yang sulit ditaklukan. Pasalnya, lone wolf turun ke jalan hanya untuk ajang uji coba.

Liputan6.com, Jakarta - Mabes Polri telah memberikan kenaikan pangkat kepada anggota yang menjadi korban penyerangan oleh seseorang berinisial IM (30) di Polsek Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (17/8) lalu. Di mana penyerangan ini saat anggota tengah berjaga.

Staf Khusus Kedeputian I bidang Deradikalisasi dan Pencegahan, Badan Nasinoal Penanggulangan Terorisme (BNPT), Suaib Tahir mengatakan, penyerangan yang dilakukan IM adalah penyerangan tunggal alias 'lone wolf'.

"Dia belajar sendiri, senang mempelajari sendiri, akhirnya terpapar dan melakukan tindakan terorisme secara individu," katanya dalam diskusi dan peluncuran buku 'Memberantas Terorisme di Indonesia: Praktik, Kebijakan, dan Tantangan', di Hotel Atlet, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019).

Menurutnya, tipe ini bukanlah lawan yang sulit ditaklukan. Pasalnya, lone wolf turun ke jalan hanya untuk ajang uji coba.

"Ini biasanya sebenarnya tingkat kekuatannya sangat sederhana. Akhirnya saat melakukan semacam uji coba, kita perhatikan di jalan ya kaya ragu-ragu kan," katanya.

Sebelumnya, pada Sabtu (17/8) sekitar pukul 17.00 WIB, seorang pria tak dikenal menyerang anggota Polsek Wonokromo dengan berpura-pura melapor ke bagian SPKT.

Pelaku tiba-tiba menyerang menggunakan celurit hingga mengakibatkan seorang anggota polisi terluka dan harus mendapat perawatan di rumah sakit serta seorang polisi lainnya menderita luka lebam.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Periksa Keluarga Pelaku

Polisi juga memeriksa keluarga IM, pelaku penyerangan terhadap anggota Polsek Wonokromo Aiptu Agus Sumartono di kawasan Sidosermo, Surabaya, Sabtu 17 Agustus 2019 malam.

Seperti dilansir Antara, istri dan tiga anak pelaku juga diminta ikut polisi. Selain itu, polisi juga menggeledah indekos serta mengamankan laptop, kertas, dan ponsel milik pelaku.

Ketua RT 03, RW 02 Sidosermo, Ainul Arif ketika ditemui wartawan mengatakan, perilaku pelaku IM memang berubah sejak setahun lalu.

"Kesehariannya biasa saja. Dia itu jualan sempol sama kirim kerupuk makaroni di sini. Jualannya keliling dan anaknya juga sekolah di sini," Arif.

Reporter: Ronald Chaniago

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.