Sukses

Pakai Baju Adat, Tamu Undangan HUT ke-74 RI Mulai Berdatangan di Istana

Para tamu undangan yang hadir mengenakan pakaian adat khas berbagai daerah di Indonesia. Adapula yang memakai setelan jas dan kebaya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang sejumlah elemen masyarakat untuk menghadiri Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019) pagi. Undangan yang hadir pun didominasi oleh kalangan masyarakat.

Berdasarkan pantauan, sejumlah tamu undangan mulai berdatangan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta sejak pukul 06.45 WIB. Mereka masuk melalui pintu yang telah ditentukan oleh pihak Istana, salah satunya lewat Jalan Majapahit, Gambir, Jakarta Pusat.

Para tamu undangan yang hadir mengenakan pakaian adat khas berbagai daerah di Indonesia. Adapula yang memakai setelan jas dan kebaya.

Pihak panitia mempersiapkan 11.000 kursi bagi para tamu undangan yang menyaksikan langsung peringatan HUT ke-74 RI di Istana. Dari jumlah tersebut, sebanyak 30 persen dialokasikan bagi unsur pemerintah, sedangkan 70 persen lainnya dialokasikan untuk masyarakat.

Adapun pada upacara di sore harinya, sebanyak 13.000 kursi untuk para tamu undangan juga telah dipersiapkan. Menjelang upacara, sejumlah hiburan disajikan untuk tamu undangan, mulai dari tarian tradisional hingga musik tradisional.

"Sebelum Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, ada acara hiburan musik dan segala macam," ujar Kepala Sekretariat Presiden Haru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 16 Agutus 2018.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upacara Dipimpin Jokowi

Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut akan dimulai dengan kirab Bendera Pusaka. Kemudian, teks asli naskah proklamasi dibawa dengan kirab yang dimulai dari Monumen Nasional hingga Istana Merdeka.

Upacara pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih akan digelar di Halaman Istana Merdeka pada pukul 10.00 WIB. Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan bertindak sebagai Inspektur Upacara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.