Sukses

Gita Bahana Nusantara Akan Meriahkan HUT ke-74 RI di Istana Negara

Fokus, Jakarta - Paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) 2019 merupakan putra putri terbaik yang terpilih untuk nanti tampil di perayaan HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di Istana Negara.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (15/8/2019), mereka memainkan beberapa lagu nasional dan tradisional Indonesia. Di antaranya Indonesia Raya, Nyanyian Negeriku, Sajojo, dan juga Rayuan Pulau Kelapa.

"Di Istana Negara kita konsepkan sesuai dengan protokoler kenegaraan. Jadi di sana untuk menyatukan Sabang sampai Merauke di lagu-lagu daerah," kata konduktor 1 GBN Sapta Ksavara Kusbini.

Gita Bahana Nusantara dinaungi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Setiap tahun grup ini memanggil putra putri terbaik yang memiliki kemampuan musikalitas yang tinggi.

"Yang jelas senang sekali, ini pengalaman pertama kali, mungkin ini cerita paling berharga dalam seumur hidup," ucap peserta asal NTT Margott Yua.

Peserta terdiri dari 136 paduan suara dan 74 orkestra. Mereka mewakili 34 provinsi yang ada di Indonesia.

"Dibanding tahun sebelumnya saya lihat semakin lengkap, saya sarankan nanti diperkaya untuk tahun-tahun yang akan datang," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Peserta diaudisi, setelah lolos mereka kemudian mengikuti pemusatan latihan selama 19 hari. Setelah itu mereka akan tampil pada acara kenegaraan di Gedung MPR/DPR RI pada 16 Agustus 2019 dan pada upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia.