Sukses

Boris Johnson Terpilih Jadi PM Inggris, Jokowi Akan Sampaikan Selamat

Retno Jokowi berencana menyampaikan ucapan selamat kepada Johnson hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengaku telah menyampaikan ucapan selamat kepada Boris Johnson yang terpilih menjadi Perdana Menteri (PM) Inggris.

Dia juga mengaku sudah menyampakkan ihwal kemenangan tokoh partai konservatif ini  sebagai PM Inggris kepada Presiden Jokowi.

"Saya sudah lapor sama Presiden. Kalau dari saya, karena saya kan berteman dengan Boris, dengan Boris Johnson pada saat dia menjadi menteri luar negeri, jadi pada saat kemarin saya sudah (mengucapkan selamat)," ujar Retno di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Rabu (24/7/2019).

Menurut dia, Jokowi berencana menyampaikan ucapan selamat kepada Johnson hari ini. Kendati begitu, dia belum mengetahui apakah Jokowi akan mengucapkan selamat secara langsung, media sosial, atau melalui sambungan telepon.

"Saya kira hari ini beliau akan keluarkan (pernyataan selamat kepada Boris Johnson)," kata dia.

Hasil jajak pendapat di Parlemen Inggris menunjuk Boris Johnson sebagai calon terkuat untuk menjabat Perdana Menteri Inggris yang baru.

Johnson menang suara sebagai pemimpin Konservatif, mengalahkan Jeremy Hunt dalam pemilihan kepemimpinan partai, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Selasa (23/7/2019).

Mantan wali kota London, yang telah lama digadang untuk memimpin negaranya, memenangkan pemilihan dengan selisih tegas antara 92.153 dan 46.656 suara, atau dengan kata lain sebanyak 66 persen. Sementara tingkat partisipasinya adalah 87,4 persen di antara 159.320 anggota partai.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.