Sukses

Budi Gunawan, Sosok yang 'Jembatani' Pertemuan Jokowi-Prabowo?

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan hadir dalam pertemuan dua capres pada Pilpres 2019, Jokowi-Prabowo, Sabtu (13/7/2019) hari ini. Lantas, apa peran Budi Gunawan dalam pertemuan ini?

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, kapasitas Budi Gunawan (BG) dalam pertemuan ini adalah sebagai Kepala BIN. Menurut dia, Budi Gunawan selalu bekerja senyap.

"Ya Pak Budi Gunawan ini kan Ka BIN ya Kepala BIN. Tentunya bekerja tanpa ada suara," ujar Pramono ketika ditanya apakah Budi Gunawan sosok yang menjembatani pertemuan hari ini di FX Sudirman Jakarta, Sabtu (13/7/2019).

Budi Gunawan sejak awal mendampingi Jokowi-Prabowo, mulai dari Statiun MRT Lebak Bulus hingga keduanya santap siang di Sate Khas Senayan FX Sudirman.

Pramono sendiri bersyukur akhirnya Jokowi dan Prabowo bertemu, usai Pilpres 2019.

"Dan alhamdulillah apa yang dikerjakan hari ini tercapai," ucap Politisi senior PDIP itu.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Selain Budi Gunawan, Budi Karya menyebut Pramono Anung dan Waketum Gerindra Edhy Prabowo juga memiliki peran penting dalam pertemuan Jokowi-Prabowo ini.

"Ada Pak Pramono ada Pak BG, Pak Edhy Prabowo. Itu orang baik semua mereka memang bersahabat ya," jelas Budi Karya di lokasi.

 

2 dari 3 halaman

Jokowi, Prabowo, dan Sate

Sebelumnya, Jokowi-Prabowo bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta pukul 10.07 WIB. Keduanya kemudian naik MRT menuju ke Stasiun MRT Senayan.

Sesampai di Senayan, mereka berpelukan dan berekonsiliasi. Jokowi-Prabowo kemudian berjalan kaki dari Stasiun MRT Senayan menuju ke FX Sudirman.

Sebelum berpisah, dua calon presiden dalam Pilpres 2019 itu makan siang dengan menu utama sate di pusat perbelanjaan FX Sudirman, Jakarta. Keduanya duduk bersebelahan di satu meja.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: