Sukses

Keluhan Orangtua saat Daftar PPDB 2019 Hari Kedua

Fokus, Yogyakarta - Hari kedua pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di sejumlah daerah diwarnai keluhan para calon peserta didik dan orangtua. Calon peserta didik mengeluhkan sulitnya memasukkan token pendaftaran. Sementara orangtua mengeluhkan sistem zonasi yang dianggap merugikan.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (25/6/2019), sejumlah orangtua siswa masih memadati SMA Negeri 3 di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Sejumlah orangtua kecewa lantaran anaknya tidak dapat masuk sekolah favorit pilihan mereka. Menurut orang tua, kebijakan zonasi merugikan mereka.  

"Padahal anak saya punya nilai tinggi dan hanya berjarak 2 kilometer dari rumah," ujar orangtua siswa bernama Kesya.  

Kantor Disdikpora Yogyakarta pun didatangi para calon peserta didik dan orangtua yang kesulitan mengakses website Dinas Pendidikan Yogyakarta. Mereka mengeluhkan tidak bisa memasukkan nomor token pendaftaran online.  

Sementara di Tegal, Jawa Tengah, hari kedua pendaftaran PPDB SMA Negeri 1 Tegal masih diwarnai antrean calon peserta didik dan orang tua. Meski demikian, para pendaftar yang datang sejak subuh sudah tidak berdesak-desakan lagi untuk mendapatkan nomor antrean dan melakukan verifikasi berkas pendaftaraan.