Sukses

HUT DKI Jakarta, Pemprov Gratiskan Masuk Museum

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka HUT ke-492 Kota Jakarta, Pemprov DKI Jakarta menggratiskan retribusi kunjungan di delapan museum pada 22 Juni dan 23 Juni 2019.

"Masuk gratis berlaku sesuai jam buka museum. Jam buka musem pukul 08.00," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Edy Junaedi dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/6/2019).

Kedelapan museum tersebut yakni, Museum Sejarah Jakarta, Museum Sejarah Jakarta, Museum Joang 45, Museum MH Thamrin, Museum Prasasti, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang Museum Tekstil, serta Museum Bahari.

Selain delapan museum, terdapat enam destinasi wisata lain yang dikelola Disparbud DKI yang juga digratiskan. Keenam destinasi wisata tersebut yakni, Monumen Nasional, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Planetarium, Anjungan Pemprov DKI di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Taman Arkeologi Onrust, serta Rumah Si Pitung.

Edy Junaedi mengatakan, kebijakan tersebut dalam rangka berbagi kebahagian dan kemeriahan dengan masyarakat di hari HUT Jakarta.

"Kami ingin masyarakat Jakarta ini ikut merasakan kegembiraan perayaan ulang tahun Jakarta sekaligus masyarakat juga bisa mengetahui perjalanan sejarah kota Jakarta melalui museum," ucapnya.

Sebelumnya, PT Transjakarta juga memberlakukan seluruh layanan secara gratis pada Sabtu, (22/6/2019). Direktur Utama PT Transjakarta, Agung Wicaksono mengimbau agar masyarakat dapat menggunakan layanan Transjakarta untuk mengikuti seluruh rangkaian acara puncak HUT Jakarta.

"Bus Transjakarta akan melayani mulai pukul 05.00 WIB-00.00 WIB," kata Agung dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (22/6/2019).

2 dari 3 halaman

Transjakarta Gratis

Dia menjelaskan saat ini Transjakarta telah melayani sebanyak 72 persen total populasi di Ibu Kota. Agung menyebut angka tersebut meningkat bila dibandingkan pada tahun 2018 yang mencapai 67 persen.

"Per 1 Mei, 7 dari 10 penduduk DKI Jakarta telah memiliki akses ke Transjakarta," ujar Agung.

Dia menilai peningkatan tersebut karena adanya pembukaan rute Transjakarta di sejumlah wilayah. Selain itu, perluasan jangkauan layanan ke perumahan dan rusun dengan program Jaklingko.

"Kemudian penambahan rute integrasi antarmoda transportasi seperti MRT, LRT dan KRL," ucapnya .

Adapun rangkaian HUT Jakarta digelar 17-30 Juni 2019. Acara akan dimulai dengan live mural oleh mahasiswa di Terowongan Jalan Kendal, JakartaPusat, pada 17 Juni 2019.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Begini Kemeriahan Jakarnaval 2019 Menyambut HUT ke-492 Jakarta
Artikel Selanjutnya
Parade Budaya hingga Mobil Hias Meriahkan Jakarnaval Sore Ini