Sukses

Arus Balik ke Bali di Pelabuhan Ketapang Membeludak

Liputan6.com, Banyuwangi - Arus balik dari Jawa menuju ke Bali di Pelabuhan Ketapang menunjukkan peningkatan siginfikan. Sejak Minggu (9/6/2019) pagi, terjadi penumpukan jumlah pemudik yang akan kembali ke tempat perantauannya di Bali. Antrean sepeda motor bahkan sudah mulai mengular keluar dari area Pelabuhan Ketapang.

“Antrean motor mulai meluber hingga ke jalan sekitar pukul 10.00 WIB. Kami sudah melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan arus lalu lintas. Kendaraan dari arah selatan kita alihkan menuju jalur lingkar Ketapang,” kata Kanit Kecelakaan Satlantas Polres Banyuwangi Iptu Ardhi Bita Kumala, di sela mengatur lalu lintas.

Antrean motor sudah mulai mengular hingga beberapa ratus meter dari loket masuk Pelabuhan Ketapang. Untuk menjaga keamanan pengguna sepeda motor yang mengantri, petugas memasang garis pembatas di jalan depan pelabuhan Ketapang. Sejumlah petugas Kepolisian tampak mengamankan antrian pengendara sepeda motor.

“Kami beri garis pembatas agar antrian bisa lebih tertib. Supaya pengendara sepeda motor bisa masuk ke area pelabuhan dengan lancar. Kami sarankan, sambil mengantri pengendara agar mengisi manifes lebih dahulu,” kata Ardhi.

Para pemudik asal Jawa kembali ke Bali pada hari karena sudah harus mulai bekerja Senin besok.

2 dari 2 halaman

Pilih Pagi

Merekapun harus menempuh perjalanan balik ke perantauan pada hari ini. Sehingga mereka bisa beristirahat lebih dulu sebelum memulai aktivitasnya sehari-hari.

“Suami saya besok sudah harus bekerja kembali. Mau tidak mau sekarang harus kembali biar bisa beristirahat sebelum masuk kerja. Kami tidak bisa berangkat malam karena punya anak kecil,” kata Vivi, warga Genteng, Banyuwangi, pemudik yang sedang menunggu suaminya antre di loket sepeda motor.

Hingga siang ini, arus balik penumpang sepeda motor yang melalui pelabuhan Ketapang terus bertambah. Meski terjadi penumpukan hingga keluar area pelabuhan Ketapang namun arus pengendara sepeda motor tetap mengalir.

Karena begitu masuk pelabuhan sepedam motor bisa langsung naik ke kapal. Pihak ASDP Ketapang menyediakan 8 loket sepeda motor untuk arus mudik tahun ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
81 Persen Pemudik Pakai Kapal Sudah Kembali ke Jawa
Artikel Selanjutnya
BPTJ: Sistem Satu Arah Kurang Cocok Saat Arus Balik Lebaran