Sukses

H+4 Lebaran 2019, Kepadatan di Jalur Puncak Bogor Menurun

Liputan6.com, Jakarta - Kepadatan arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju Puncak, Bogor menurun dibanding hari sebelumnya. Arus lalu lintas di jalur Puncak Bogor pada H+4 Lebaran, Minggu (9/6/2019) cenderung ramai lancar.

Kepadatan kendaraan hanya terjadi di beberapa titik lokasi wisata.

"Secara kasat mata, volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak berkurang tajam dibanding hari sebelumnya," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri. Menurutnya, antrean kendaraan biasanya terjadi mulai dari exit Tol Ciawi hingga simpang Gadog. Namun pagi tadi hingga jelang siang, arus lalu lintas cenderung lancar.

Memang sempat terjadi kepadatan kendaraan di simpang Gadog. Tetapi tak butuh waktu lama, kepadatan arus lalu lintas di kawasan tersebut dapat terurai.

Berbeda pada H+1 hingga H+3 Lebaran, di mana sepanjang ruas jalan Puncak terjadi kemacetan hingga mencapai 4 sampai 5 kilometer. Bahkan, di sepanjang ruas Jalan Raya Puncak pun terjadi penumpukan kendaraan.

"Hari ini landai. Arus lalu lintas di sepanjang jalur Puncak pun jelang siang ini terpantau ramai lancar," kata Fadli.

Ia menambahkan, berkurangnya volume kendaraan di jalur Puncak disebabkan momen libur panjang bagi sejumlah warga berakhir. Aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai swasta lainnya akan kembali bekerja pada Senin (10/6/2019) besok.

Namun begitu, sejak pagi hingga siang ini Satlantas Polres Bogor tetap memberlakukan one way dari arah Jakarta menuju Puncak. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya antrean kendaraan yang hendak berwisata ke Puncak dan Cianjur.

"Jalur Puncak akan dinormalkan kembali sekitar pukul 12.00 WIB," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: