Sukses

Kemenpora dan FORMI Siap Gelar Festival Olahraga Rekreasi Nasional 2019 di Samarinda

Sebanyak 37 induk cabang olahraga rekreasi masyarakat termasuk Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) hingga Indonesia e-Sports Association (IeSPA) turut meramaikan festival ini.

 

Liputan6.com, Jakarta Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke-5 tahun 2019 akan berlangsung di Samarinda, Kalimantan Timur pada 15-18 November mendatang. Sebanyak 37 induk cabang olahraga rekreasi masyarakat termasuk Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) hingga Indonesia e-Sports Association (IeSPA) turut meramaikan festival ini.

Fornas bertujuan untuk mengajak sebanyak mungkin masyarakat berolahraga. Melalui olahraga rekreasi, pemerintah ingin aktivitas olahraga menjadi primadona masyarakat.

"Masyarakat menjadi cinta terhadap olahraga dan jangan membayangkan jika olahraga itu selalu prestasi, namun bertujuan untuk hidup aktif, sehat, bugar, sehingga melalui ajang Fornas ini menjadi momentum untuk berpestanya para pegiat olahraga, pesta olahraga masyarakat," ucap Raden Isnanta, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga usai melakukan MoU dengan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) terkait pelaksanaan Fornas.

Raden Isnanta berharap konsep acara Fornas mampu dikemas semenarik mungkin, sehingga masyarakat dapat menikmati festival tersebut bahkan lebih tertarik lagi untuk berolahraga pasca perhelatan Fornas 2019.

"Dengan konsep yang happy dan fun, diharapkan menumbuhkan kembali cintanya masyarakat terhadap olahraga, seperti halnya olahraga tradisional yang kini nyaris hilang ditelan era moderenisasi," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua FORMI, Hayono Isman yang sebelumnya telah melakukan MoU dengan kota pelaksanaan yakni Samarinda serta Gubernur Kalimantan Timur telah menyepakati untuk menjadikan Fornas ke-5 menjadi Fornas terbaik dari sebelumnya. Untuk itu, dukungan dari Kemenpora menjadi spirit tambahan untuk menyukseskan ajang ini.

"Dukungan dari Kemenpora merupakan dukungan yang sangat strategis dalam bentuk arahan dari Menpora Imam Nahrawi, serta dukungan berbentuk dana untuk memperkuat pembiayaan Fornas ke-5 di Samarinda, Kalimantan Timur ini," ucap Hayono Isman.

Menurut Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Indonesia ke-6 pada masa jabatan 1993-1998 itu, ajang ini sekaligus sebagai kegiatan yang makin meningkatkan partisipasi publik, karena mengingat bahwa olahraga rekreasi itu pesertanya adalah masyarakat. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini