Sukses

Usai Rusuh 22 Mei, KPU Masih Dijaga Ketat dan Akses ke DPR Dialihkan

Liputan6.com, Jakarta - Usai Aksi 22 Mei, Kantor Pemilihan Umum (KPU) masih dijaga ketat kepolisian. Sejumlah kendaraan taktis Polri masih disiagakan di area KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Pantauan merdeka.com hingga pukul 10.19 WIB, di halaman KPU masih dipasang kawat berduri. Polisi masih berjaga di sekitar gedung KPU. Sementara itu, kondisi lalu lintas di sekitar kantor KPU terlihat padat dari Kuningan menuju Menteng, begitu juga sebaliknya.

Sebelumnya, kondisi kantor Bawaslu pada 22 Mei 2019 kemarin sempat dikepung demonstran. Mereka menuntut terkait diduga adanya kecurangan dari hasil perhutangan suara Pilpres 2019.

Sementara itu, ruas jalan menuju Gedung DPR, MPR, dan DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, masih ditutup. Sampai saat ini ruas jalan menuju pintu masuk utama Kompleks Parlemen di Jalan Gatot Subroto.

Namun akses menuju pintu belakang Kompleks Parlemen di Jalan Gelora sudah mulai dibuka. Sayangnya, awak media masih belum diperkenankan masuk ke gedung parlemen itu.

Aparat Kepolisian yang sedang berjaga di kawasan tersebut, tidak mengetahui persis kapan akses jalan akan dibuka. Kata dia, pembukaan jalan nantinya diputuskan oleh pihak DPR, MPR dan DPD.

"Tapi yang kemungkinan buka tutupnya ini Adalah DPR dan MPR. Pengamanan terintegrasi mereka yang memutuskan kalau saya hanya yang mengalihkan jalan saja," kata salah satu petugas pengamanan yang enggan disebutkan namanya di Jalan Gatot Subroto.

 

2 dari 3 halaman

Pengalihan Arus

Dia juga sempat merinci kawasan mana saja yang masih ditutup. Salah satunya adalah pengalihan arus dari arah Semanggi menuju Slipi.

"Pengalihan arus dari arah Semanggi menuju slipi di belokan. Ke arah jalan gerbang pemuda kemudian di arah Lapangan Tembak," ucapnya.

Seperti diketahui, para anggota dan pegawai parpemen memang sedang diliburkan. Hal itu, dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan saat aksi 22 Mei berlangsung.

Berdasarkan informasi yang diterima, pagar Gedung DPR sudah dikunci sejak Selasa (21/5) malam. Para anggota DPR, MPR, dan DPD berserta jajarannya diimbau untuk bekerja dari rumah untuk menghidari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin, Sania Mashabi

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Polisi Tangkap Buronan Penyerang Asrama Brimob Saat Rusuh 22 Mei 
Artikel Selanjutnya
Polri Sebut Penembak Harun Rasyid di Kerusuhan 22 Mei Pakai Senpi Glock 42