Sukses

JK Bicara Pentingnya Pelibatan Anak Muda Tangkal Terorisme di Prancis

JK menjelaskan untuk menangkal terorisme tersebut pelibatan kaum muda menjadi sangat penting. Karena teknologi menjadi media baru yang digunakan oleh teroris.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla memaparkan cara untuk menangkal maraknya terorisme yaitu dengan mensosialisasikan pesan damai sejak usia dini, baik itu di lingkungan keluarga, sekolah, dan komunitas.

Wapres yang kerap disapa JK ini juga menjelaskan serangan teror di Christchurch, Selandia Baru mencerminkan kebangkitan Islamofobia dan Xenofobia sebagai ancaman global. Fenomena itu menurut Jusuf Kalla bisa dihilangkan jika sifat ketahanan dan solidaritas antaragama diperkuat.

"Terhadap kekerasan dan kebencian semacam itu, harus dibangun ketahanan dan solidaritas masyarakat dari berbagai latar belakang, dengan mempromosikan dialog antaragama untuk memperkuat nilai toleransi dalam masyarakat dan dengan menyuntikkan budaya damai sejak usia dini, baik itu di lingkungan keluarga, sekolah, komunitas, dan sebagai bangsa," kata JK dalam acara Christchurch Call to Action yang diselenggarakan oleh Presiden Prancis dan PM Selandia Baru di Elysee Palace, Paris, Rabu 15 Mei 2019.

JK menjelaskan untuk menangkal hal tersebut pelibatan kaum muda menjadi sangat penting. Karena teknologi menjadi media baru yang digunakan oleh teroris. Dia mencontohkan di Indonesia sekitar 63 dari 150 juta pengguna internet adalah kaum muda. Sehingga, lanjutnya, mereka sangat rentan terpapar radikalisme dan kekerasan ekstremisme.

Dia memberikan contoh bahwa sejak 2015 Indonesia telah menyelenggarakan program Duta Pemuda untuk Perdamaian (Youth Ambassadors for Peace) guna melibatkan kaum muda dalam menyebarkan pesan-pesan damai. Program tersebut, kata JK. bertujuan untuk melawan ide-ide ekstrem dan penuh kebencian dengan menggunakan internet.

Saat ini, kata JK pihaknya telah memiliki lebih dari 780 duta pemuda Indonesia untuk perdamaian. Kemudian, 28 April lalu kata JK Indonesia telah memperluas program tersebut. Dan sudah membawa 100 pemuda dari negara Asia Tenggara.

"Kita harus memberdayakan anak muda kita untuk melawan tren ini. Pendekatan ini menunjukkan bahwa internet telah menjadi medan pertempuran terbaru, baik dalam melakukan maupun memerangi terorisme," ungkap JK.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelibatan Peran Swasta

Pemerintah juga melalui peraturan dan penegakan hukum dengan pelibatan peran swasta dalam implementasinya. Dia pun mendorong kemitraan publik dan swasta, melalui berbagai inovasi, seperti penerapan code of conduct, serta mendorong pengawasan, pengaturan dan patroli siber secara mandiri.

"Seluruh industri teknologi informasi memikul tanggung jawab bersama dalam membuat dunia internet lebih aman dan sehat untuk semua," kata JK.

Dalam pertemuan di Istana Elsyee kali ini terdapat 16 perwakilan yang akan memberikan sambutan, baik dari perwakilan pemerintah maupun perusahaan teknologi. Sedangkan Wapres memberikan sambutan pada urutan kelima setelah sambutan Pendiri Wikipedia Foundation.

Turut mendampingi Wapres dalam pertemuan di antaranya Menteri Komunikasi Rudiantara, yang telah lebih dahulu berada di Paris, Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Kuasa Usaha ad interim (KUAI) Paris Agung Kurniadi, serta Direktur Keamanan Internasional dan Pelucutan Senjata (KIPS) Kementerian Luar Negeri Grata Endah Werdanyngtyas.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.