Sukses

Momen Bersejarah Lalu Muhammad Zohri Jadi Pelari Tercepat Kejuaraan Atletik Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Lalu Muhammad Zohri, menjadi manusia tercepat di Asia Tenggara setelah mencatatkan waktu 10,13 detik dalam nomor 100 meter kejuaraan atletik Asia di Doha, Qatar. Atas prestasi kelas dunia yang disandangnya, Zohri menjadi salah satu kandidat peraih Liputan6 Awards 2019. 

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (9/5/2019), Menpora Imam Nachrawi hadir menyambut Lalu Muhammad Zohri di Bandara Soekarno Hatta saat Zohri pulang usai menang kejuaraan.

Keharuan tampak di raut wajahnya. Zohri tak menyangka sambutan media dan rakyat Indonesia yang begitu bangga dan gembira atas prestasi yang dicapainya.  

Lalu Muhammad Zohri, pemuda berusia 19 tahun dari Dusun Karang Pengsor, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu kini menjadi manusia tercepat di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.  

Meski berstatus atlet dunia, Zohri kini hidup di tengah keterbatasan. Kedua orangtuanya telah meninggal dunia. Zohri kini tinggal bersama kakak dan adiknya. 

Atas prestasinya mengharumkan nama Indonesia, secara spesial Presiden Jokowi mengundang Zohri ke Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat.  Jokowi menyebut Zohri sebagai orang besar yang membanggakan. Dia pun menyampaikan pesan agar Zohri tidak larut dalam kegembiraan dan kesombongan.