Sukses

Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan Sore Nanti, Ini Tahapannya

Sidang Isbat diikuti unsur Kementerian Agama, DPR, MUI, Ormas-ormas Islam, serta perwakilan negara sahabat.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang Isbat awal Ramadan 1440 H pada Minggu (5/5/2019) sore sekitar pukul 17.00 WIB. 

Direktur Jenderal Bimas Islam Muhamadiyah Amin, sidang Isbat akan dimulai dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadan oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama.

Usai pemaparan, setelah Magrib pihaknya juga akan melaporkan hasil data hisab dan pantauan rukyatul hilal tim Kemenag di seluruh Indonesia.

"Kita melakukan pantauan Rukyatul Hilal di 102 titik di Indonesia," tuturnya, dikutip Liputan6.com dari situs kemenag.go.id, Minggu. 

Berdasarkan hasil tersebut, sidang yang terdiri dari unsur Kementerian Agama, DPR, MUI, Ormas-ormas Islam, serta perwakilan negara sahabat, akan memutuskan kapan dimulainya awal Ramadan. Proses sidang ini akan dilaksanakan secara tertutup.

"Keputusan sidang itu akan disampaikan dalam konferensi pers oleh Menteri Agama, DPR, serta MUI. Kita jadwalkan pukul 19.00 sudah bisa dilakukan konferensi pers," ujar Amin.  

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.