Sukses

Top 3 News: Menguak Motif Pengunduran Diri Bupati Mandailing Natal

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News, apa yang menyebabkan Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution mengundurkan diri dari jabatannya? Dahlan hingga kini belum mau membeberkannya.

Belakangan diduga kuat alasan pengundurannya Bupati Mandailing Natal karena kecewa dengan hasil Pemilu 2019. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menilai alasan tersebut sangat tidak lazim. 

Sebelumnya, foto surat pengunduran diri Bupati Mandailing Natal itu beredar luas di masyarakat. Surat itu ditujukan kepada Presiden Jokowi cq Menteri Dalam Negeri. Tertulis dalam surat tersebut bahwa Pemilu di Madina berjalan aman dan lancar. Namun, hasilnya sangat mengecewakan dan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Sementara itu, usai Pilpres 2019, rencana pertemuan capres nomor urut 01 Jokowi dan capres 02 Prabowo menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. 

Sebelum pertemuan tersebut terlaksana, Jokowi mengirimkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan untuk bertemu capres nomor urut 02.

Namun, tatap muka belum terjadi. Keduanya hanya berkomunikasi lewat telepon. Luhut mengaku dirinya telah menjadwalkan kembali pertemuan dengan Prabowo.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Senin, 22 April 2019:

 

2 dari 5 halaman

1. Fakta-Fakta di Balik Pengunduran Diri Bupati Mandailing Natal Usai Pilpres

Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution dikabarkan mengundurkan diri dari jabatannya. Kabar itu beredar pada saat libur Paskah, 19 Maret 2019.

Alasan pengunduran diri Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution disebut-sebut karena kecewa dengan hasil Pemilu 2019.

Namun demikian, Plt Dirjen Otda Kemendagri, Akmal Malik mengatakan, pihaknya sampai sekarang masih belum menerima surat pengunduran diri Dahlan.

"Kita belum terima. Ini kan beredar di hari liburan," ucap Akmal kepada Liputan6.com, Minggu, 21 April 2019.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Mendagri: Alasan Bupati Mandailing Natal, Dahlan Hasan Mundur Tak Lazim

Dahlan Hasan Nasution disebut-sebut telah mengajukan surat permohonan berhenti dari jabatannya sebagai Bupati Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara. Dalam surat pengunduran diri itu, Dahlan mengaku kecewa atas hasil Pemilu 2019.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya sudah mengecek, dan membenarkan Dahlan membuat surat tersebut. Namun, dia menuturkan surat itu salah sasaran.

Dia menuturkan, alasan dari Dahlan sangat tidak lazim. Karena, lanjutnya, akan mencederai amanat masyarakat.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Menanti Pertemuan Prabowo dengan Utusan Jokowi

Suhu politik usai Pemilu Presiden 2019 masih hangat. Situasi ini lantas menjadi perhatian capres nomor urut 01, Joko Widodo atau Jokowi.

Sehari setelah pilres berlangsung, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan niatnya menemui, Prabowo Subianto lawan politiknya pada Pilpres 2019.

"Tadi siang saya sudah mengutus seorang untuk bertemu beliau," tutur Jokowi di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis 18 April 2019.

Dalam kesempatan ini, Jokowi pun mengungkapkan, alasannya mengutus seseorang untuk bertemu dengan Prabowo. Ia ingin menjaga kondusivitas keamanan dan ketertiban di masyarakat usai pilpres.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Penjelasan Akumulasi Suara Pilpres 2019 di Situs KPU
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Kapan Erick Thohir Jenguk Sandiaga di RS?