Sukses

Jokowi: Saya Selalu Tekankan, TNI dan Polri Harus Netral

Jokowi mengaku selalu menekankan bahwa Polri, maupun TNI untuk menjaga netralitas. Dia mengaku setiap rapat pimpinan, menegaskan politik TNI-Polri adalah politik negara.

Liputan6.com, Jakarta - Capres petahana Jokowi membantah menggunakan Polri untuk menggalang dukungan dalam Pilpres 2019. Seperti yang dituduhkan oleh eks Kapolsek Pasir Wangi Garut AKP Sulman Ajiz, meski yang bersangkutan sudah menarik ucapannya.

Jokowi mengaku selalu menekankan bahwa Polri, maupun TNI untuk menjaga netralitas. Dia mengaku setiap rapat pimpinan, menegaskan politik TNI Polri adalah politik negara.

"Enggak sekali dua kali saya sampaikan di Rapim TNI Polri. Di rapat-rapat TNI dan Polisi saya sampaikan bahwa politik TNI dan polri adalah politik negara," ujar Jokowi di Sorong, Papua Barat, Senin, 1 April 2019 malam.

Maka itu, TNI dan Polri, lanjut Jokowi harus bisa menjaga netralitas. Mantan gubernur DKI Jakarta itu yakin hal tersebut tidak perlu diragukan lagi.

"Harus bisa menjaga netralitas. Sudah jelas sekali. Saya kira ngga perlu saya ulang-ulang," tegas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Diberitakan, Mantan Kapolsek Pasir Wangi, Garut, AKP Sulman Ajiz kembali memberikan pernyataan terkait dugaan Polri tidak netral dalam Pemilu 2019. Jika sebelumnya dia mengaku diperintah menggalang dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf, kini dia meralat pernyataannya.

Dia mengaku telah membuat kesalahan dengan mengeluarkan pernyataan tersebut. Dia mengaku pernyataannya itu dilatarbelakangi emosi dan permasalahan pribadi dengan Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Arahkan Dukungan

Perbedaan sikap dan pernyataannya pun ditunjukan saat dia menjelaskan bahwa pengumpulan Kapolsek di Wilayah Hukum Polres Garut bukan untuk kepentingan mobilisasi mengarahkan dukungan.

Namun, agenda pengumpulan tersebut untuk melakukan mapping atau pendataan kekuatan untuk antisipasi keamanan.

Padahal, saat menggelar konferensi pers di Lokataru bersama Haris Azhar di Jakarta pada Minggu, 31 Maret 2019, Sulman mengaku beberapa kali dipanggil Kapolres Garut untuk melakukan pendataan para pendukung masing-masing calon.

Dia diperintahkan melakukan penggalangan dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf. Bahkan, dia mengklaim diancam bakal dimutasi jika paslon 01 kalah di daerahnya.

Lebih lanjut, Sulman menegaskan kehadirannya di Mapolda Jabar bukan karena penangkapan. Dia datang bersama anak istrinya untuk menghadap kepada pimpinan berkaitan tugas barunya sebagai Kanit 1 Seksi Penindakan Pelanggaran Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jabar.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.