Sukses

Jokowi Kerap Digantikan JK dalam Forum Internasional, Ini Penjelasan Istana

Pernyataan tersebut menanggapi isu mendekati debat keempat bertema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang debat dengan salah satu tema hubungan internasional, capres petahana Joko Widodo (Jokowi) disoroti lantaran kerap absen di sejumlah forum internasional. Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani menjelaskan hal itu biasa saja karena sudah ada pembagian tugas dengan wakil presiden Jusuf Kalla.

"Saya rasa ketidakhadiran presiden jangan diartikan sesederhana itu. Artinya presiden dan wapres sejak awal sudah berbagi tugas. Ketidakhadiran presiden dalam beberapa forum internasional itu kan juga sudah diwakilkan Pak JK," ujar Jaleswari di Jakarta, Kamis (28/3).

Pernyataan tersebut menanggapi isu mendekati debat keempat bertema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional. Ketidakhadiran Jokowi dalam sejumlah forum internasional dipersoalkan lawannya.

Jaleswari menuturkan, kendati Jokowi absen dalam sejumlah forum, diplomasi Indonesia dengan negara lain tetap terjaga. Karena dalam kesempatan berbeda, Jokowi tetap bertemu pimpinan negara.

"Misalkan di G20 tak bertemu dengan Presiden Trump. Tapi kan beliau bertemu dalam forum yang berbeda, yang akan membicarakan kurang lebih topik yang sama. Jadi jangan didikotomikan atau disederhanakan seperti itu," jelas Jaleswari.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Yang Penting Target Tercapai

Dia menjelaskan dalam diplomasi internasional, kehadiran kepala negara bukan hal yang paling penting. Namun, yang terpenting adalah kontribusi negara supaya target dalam forum tersebut tercapai.

"Artinya jangan dilihat ketidakhadirannya karena presiden sudah diwakilkan oleh wapres," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi