Sungai Citarum Meluap, Banjir 1 Meter Rendam Kampung Bojong Asih Bandung

Sungai Citarum Meluap, Banjir 1 Meter Rendam Kampung Bojong Asih Bandung

Banjir akibat luapan Sungai Citarum di Kabupaten Bandung, Jawa Barat semakin parah. Di sejumlah titik, ketinggian air sudah lebih dari 1 meter.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (23/2/2019), banjir di Kampung Bojong Asih, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, semakin meluas. Situasi itu akibat intensitas hujan yang sangat tinggi di hulu Sungai Citarum, seperti di Majalaya dan Pangalengan.

Bojongasih merupakan daerah paling parah terdampak banjir dengan total hampir 300 rumah. BPBD bahkan mencatat banjir juga meluas ke Bojongsoang dan Baleendah. Warga mengaku lelah menghadapi luapan Sungai Citarum.

"Sudah seminggu banjir di wilayah ini dan merendam rumah-rumah," ujar salah satu warga Dayeuhkolot, Sumardi.

Banjir hampir sepekan memaksa ratusan warga mengungsi ke posko pengungsian di aula Kecamatan Dayeuhkolot. Pengungsi didominasi lansia, ibu rumah tangga dan anak-anak. Pengungsi merasa lelah mengungsi.

"Sudah tiga hari di tempat pengungsian lalu pulang. Pas pulang air naik lagi. Capek ya bolak balik," keluh Rani Rodiah.

Kini, hampir seribu rumah warga di bantaran Sungai Citarum, terendam. Ratusan kepala keluarga terpaksa mengungsi lantaran luapan Sungai Citarum yang tak kunjung surut. (Karlina Sintia Dewi)

Ringkasan

Oleh Maria Flora pada 23 February 2019, 14:43 WIB

Video Terkait

Spotlights