Sukses

Top 3 News: Keterkaitan Gempa Malang dan Erupsi Gunung Bromo Terjawab

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News hari ini, gempa mengguncang Kota Malang, Jawa Timur dengan kekuatan magnituduo 5,6, Selasa 19 Februari pukul 02.30 WIB. Pagi harinya, Gunung Bromo yang terletak tak jauh dari Kota Malang mengalami erupsi, sekitar pukul 06.00 WIB.

Saat itu ketinggian kolom abu teramati kurang lebih 600 meter di atas puncak atau berada di ± 2.929 m di atas permukaan laut. Status Bromo naik menjadi Level II atau Waspada.

Dua peristiwa alam ini pun mengundang tanya, adakah keterkaitan antara gempa Malang dengan erupsi Bromo?

Sementara itu, mantan Ketua Mahkamah Konsitusi (MK) Mahfud MD angkat bicara terkait pernyataan kontroversial yang menyebut bahwa Indonesia tak lama lagi akan bubar. 

Menurut Mahfud ada empat faktor yang menjadi penyebab suatu negara runtuh. Satu di antaranya jika masyarakat tak lagi percaya akan penegakan hukum yang ada di negaranya. 

Kabar ledakan bom di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, Rabu pagi kemarin juga tak kalah menyita perhatian pembaca. Ledakan diduga berasal dari tabung gas yang bocor di salah satu gerai makanan.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Rabu, 20 Februari 2019:

 

2 dari 5 halaman

1. HEADLINE: Gempa Magnitudo 5,6 Malang Disusul Erupsi Gunung Bromo, Terkait?

Dua peristiwa alam dengan waktu berdekatan terjadi di Jawa Timur. Gempa dengan magnitudo 5,9 yang kemudian dimutakhirkan menjadi magnitudo 5,6 menggoyang Malang, Selasa (19/2/201) pukul 02.30 WIB. Lindu dengan kedalaman 10 kilometer tersebut dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Tak lama berselang, Gunung Bromo, yang letak geografisnya tak jauh dari Malang, erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik putih kecoklatan.

Tinggi kolom abu teramati kurang lebih 600 meter di atas puncak (± 2.929 m di atas permukaan laut). Status Bromo pun naik menjadi Level II atau Waspada.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Mahfud Md Beberkan Indonesia Bisa Bubar karena 4 Faktor

Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan, Mahfud Md mengaku gerah dengan adanya gejala perpecahan masyarakat khususnya dalam momen Pilpres 2019. Terlebih, muncul juga pernyataan kontroversial yang menyebut bahwa tidak lama Indonesia akan runtuh.

Menurut Mahfud Md, bisa saja Indonesia bubar. Terlebih, ada empat faktor yang menjadi penyebab suatu negara runtuh.

"Prosesnya ada empat, pertama manakala pemerintah terjebak dalam keadilan penegakan hukum. Disorientasi," kata dia.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. 3 Fakta Ledakan di Mal Taman Anggrek

Ledakan terdengar dari Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, Rabu (20/2/2019) sekitar pukul 10.00 WIB. Sementara itu, dalam akun resmi sosial media, pihak Taman Anggrek menjelaskan bahwa kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 10.30 WIB di lantai 4 Mal Taman Anggrek.

Diduga ledakan tersebut berasal dari gas bocor yang ada di salah satu gerai makanan di pusat perbelanjaan tersebut.

Dalam akun resmi sosial media, pihak Taman Anggrek menjelaskan bahwa kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 10.30 WIB di lantai 4 Mal Taman Anggrek.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Gunung Bromo Waspada, Area Steril 1 Km dari Kawah
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Sederet Fakta Usai Ledakan Nobar Debat Capres