Sukses

Gempa Hari Ini Goyang 3 Wilayah Indonesia

Wilayah Malang, Jawa Timur, menjadi wilayah dengan magnitudo gempa terbesar pada hari ini yaitu 5,9.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa hari ini kembali mengguncang beberapa wilayah di Indonesia. Ada tiga wilayah Indonesia yang diguncang lindu pada pukul 02.30 hingga 15.50 WIB dengan waktu berbeda-beda.

Gempa pertama kali terjadi di wilayah Malang, Jawa Timur pada pukul 02.30 WIB. Kemudian, gempa juga terjadi di Luwu, Sulawesi Selatan dan Nusalaut, Maluku.

Dilansir melalui laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id, Selasa (19/2/2019), ketiga gempa di tiga wilayah Indonesia itu terjadi pada waktu dan kekuatan magnitudo yang berbeda-beda.

Wilayah Malang, Jawa Timur, menjadi wilayah dengan magnitudo gempa terbesar pada hari ini yaitu 5,9.

Berikut tiga gempa yang mengguncang beberapa wilayah Indonesia hari ini dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Malang

Guncangan gempa pertama kali terjadi hari ini di kabupaten Malang, Jawa Timur pada pukul 02.30 WIB. Gempa tersebut bermagnitudo 5,9 dengan kedalaman 10 kilometer.

Lokasi gempa berada pada titik koordinat 9.68 Lintang Selatan-112.79.52 Bujur Timur. Pusat gempa berada di laut 159 kilometer tenggara Kabupaten Malang.

 

3 dari 4 halaman

2. Luwu

Gempa selanjutnya terjadi di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Lindu menggoyang pada pukul 09.10 WIB. Kekuatan gempa bermagnitudo 3,4 dengan kedalaman 10 kilometer.

Lokasi gempa berada pada titik koordinat 2.02 Lintang Selatan-120.26 Bujur Timur. Pusat gempa berada di darat 12 kilometer utara Kecamatan Rampi, Kabupaten Luwu.

 

4 dari 4 halaman

3. Nusalaut

Lindu juga mengguncang Nusalaut, Maluku pada pukul 15.50 WIB. Pusat gempa berada di laut 46 kilometer Timur Nusalaut.

Gempa tersebut bermagnitudo 4,2 dengan kedalaman 10 kilometer. Lokasi gempa berada pada titil 3.73 Lintang Selatan-129.19 Bujur Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini