Sukses

4 Wilayah Indonesia Diguncang Gempa Hari Ini

Gempa bermagnitudo 4,6 menggoyang Kabupaten Kolaka pada pukul 05.40 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi empat gempa mengguncang wilayah Indonesia hari ini, Senin (18/2/2019). Getaran lindu mulai dirasakan sejak pukul 05.40 WIB hingga pukul 11.15 WIB.

Gempa terjadi di Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara, Kabupaten Sitaro Sulawesi Utara, Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat, dan Kabupaten Halmahera Selatan Maluku Utara.

Dilaporkan tiap-tiap daerah memiliki kekuatan gempa serta tingkat kedalaman yang berbeda-beda. Dari keempat gempa ini,salah satunya memiliki kekuatan magnitudo yang cukup besar, yaitu 5,2 yang terjadi di Halmahera Selatan.

Berikut gempa hari ini yang mengguncang empat wilayah Indonesia:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kolaka

Gempa bermagnitudo 4,6 menggoyang Kabupaten Kolaka pada pukul 05.40 WIB.

Dilaporkan BMKG, pusat gempa terjadi di laut dengan kedalaman 10 kilometer.

Sementara, lokasi lindu berada pada koordinat 4,17 Lintang Selatan (LS), 121,36 Bujur Timur (BT). Tepatnya di 29,1 km Barat Daya Kolaka.

3 dari 5 halaman

2. Kabupaten Sitaro

Gempa yang mengguncang Kabupaten Sitaro terjadi pukul 08.18 WIB. Kekuatan gempa mencapai mangnitudo 4,7 dengan kedalaman mencapai 4 kilometer.

Meski tak berpotensi tsunami, getaran gempa yang berpusat di laut ini dirasakan hingga ke Kota Bitung.

Sementara, lokasi lindu berada pada koordinat 1,74 LU, 126,38 BT atau lebih tepatnya berada di 126 km Tenggara Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro atau disingkat Kabupaten Sitaro.

4 dari 5 halaman

3. Mamasa

Dua jam kemudian, lindu dengan kekuatan magnitudo 4 mengguncang Kabupaten Mamasa pada pukul 10.17 WIB.

"Lokasi gempa berada pada titik koordinat 3,06 LS, 119,6 BT dengan pusat berada di darat," info BMKG yang dilansir dari laman resminya www.bmkg.go.id.

Atau lebih tepatnya berada di 6 km Timur Laut Mamasa dengan kedalaman mencapai 8 km.

5 dari 5 halaman

4. Halmahera Selatan

Halmahera menjadi gempa keempat yang mengguncang wilayah Tanah Air hari ini. TGempa bermagnitudo 5,2 berpusat di laut atau pada 84 km Barat Laut Halmahera Selatan.

Getaran gempa yang terjadi pukul 11.15 WIB ini dirasakan hingga ke Kota Labuha dan Pulau Obi yang terletak di sebelah selatan kepulauan Maluku.

Sementara lokasi gempa tercatat pada titik koordinat 0,93 LS dan 127,24 BT dengan kedalam mencapai 10 km.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bumi